Jumat 26 Sep 2014 17:43 WIB

Biogas Rumput Lamput Berhasil Terangi Rumah Penduduk

Listrik dari biogas rumput laut
Listrik dari biogas rumput laut

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Sumber energi alternatif  tak henti menyedot perhatian berbagai pihak. Sejumlah penelitian pun telah dilakukan untuk mencari sumber energi tersebut.

Adalah Tim Peneliti IPB yang dipimpin oleh Dr. Mu'jizat Kawaroe, berhasil membuat biogas dari rumput laut. Bahkan aplikasi dari penelitian ini telah menerangi rumah petambak rumput laut di Serang, Banten.

Tak sebatas itu, Dr. Mu'jizat pun menyatakan, “Dengan bioreaktor  berbahan dasar rumput laut yang berukuran 4 meter kubik, dapat menghasilkan biogas yang cukup untuk memasak pada dua rumah tangga petambak di Serang selama 30 hari.”

Dr. Mu'jizat yang juga Kepala Laboratorium Bioprospeksi Kelautan, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB, menjelaskan bahwa penelitian dilaksanakan di Serang, Banten, dan Takalar, Sulawesi Selatan.

Penelitian ini berjudul Potensi Biodegradsi Anaerobik Rumput Laut sebagai Bahan Baku Biogas ini, dan didanai oleh LPDP. “Kami menggunakan beberapa jenis rumput laut antara lain Gracillaria, Euchema cottonii dan Ulva,” ungkap Peneliti Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement