Senin 22 Sep 2014 13:08 WIB

PDIP Minta Menteri Jokowi-JK Punya Ideologi Trisakti

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih
Politisi PDI Perjuanganan Maruarar Sirait saat rilis survei nasional bertema Ketimpangan Pendapatan di Indonesia, Harapan Publik terhadap Pemerintahanan Jokowi- JK di Jakarta, Senin (1/9). (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Politisi PDI Perjuanganan Maruarar Sirait saat rilis survei nasional bertema Ketimpangan Pendapatan di Indonesia, Harapan Publik terhadap Pemerintahanan Jokowi- JK di Jakarta, Senin (1/9). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP PDI Perjuangan (PDIP) berharap para menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mampu mengamalkan ajaran Trisakti Bung Karno. Ini dianggap penting untuk mempercepat implementasi visi misi Jokowi-JK mewujudkan Indonesia baru yang berdaulat. 

"PDIP berharap menteri-menteri di kabinet Pak Jokowi memiliki ideologi dan prinsip yang sejalan dengan Trisakti," kata Ketua DPP PDI Perjuangan, Maruarar Sirait di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (22/9).

Maruarar mengatakan menteri adalah pembantu presiden. Karenanya,harus punya modal kesamaan ideologi dan prinsip dengan presidennya. 

Sehingga seorang menteri akan memiliki keberanian untuk mengeksekusi program pemerintah yang berpihak kepada rakyat. "Jangan menteri punya prinsip yang berbeda presiden," ujar Maruarar.

Menurut dia, harus ada pemahaman yang komprehensif tentang konsep Trisakti Bung Karno. Misalnya, di bidang kemandirian ekonomi.

Maruarar mengatakan, Indonesia jangan hanya sekadar mencapai ketahanan energi dan pangan. Tapi juga harus bergerak lebih jauh dengan mewujudkan kedaulatan energi dan pangan.

Artinya pemerintah harus mampu memenuhi kebutuhan energi dan pangan rakyat dari sumber daya alam, dan hasil kerja para petani, nelayan, peternak dalam negeri. "Ketahanan pangan itu bisa diwujudkan dengan impor. Tapi kedaulatan pangan diwujudkan dari petani, peternak, dan nelayan kita," kata Maruarar.

Upaya mengimplementasikan ajaran Trisakti Bung Karno memang bukan kerja gampang. Untuk itu diperlukan orang-orang kabinet yang berideologi dan berani melahirkan regulasi prorakyat. "Sehingga ideologi itu bisa hidup dan dijalankan," kata Ketua Umum Taruna Merah Putih itu.

Sebelumnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP ke-IV merekomendasikan dorongan agar Jokowi-JK konsisten menjalankan pemerintahan berdasarkan Trisakti. 

Yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya. Rakernas PDIP juga mengusulkan kepada Jokowi-JK untuk memberi nama rezimnya dengan sebutan 'Kabinet Trisakti'.

Ketua Bidang Politik DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan akan mendukung visi dan misi pemerintah Jokowi-JK 2014-2019 yang disebut dengan 'Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian'. 

"Dengan visi dan misi ini diharapkan pemerintah secepatnya melakukan stabilisasi atas krisis pangan dan energi yang mengancam kedaulatan dan kemandirian bangsa," kata Puan saat membacakan hasil rekomendasi rakernas. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement