Sabtu 20 Sep 2014 20:45 WIB

Daerah Penyangga Bisa Bersinergi dengan Jakarta

Foto lansekap Ibu Kota Jakarta dilihat dari kawasan Jakarta Pusat, Rabu (14/5).
Foto: Republika/Prayogi
Foto lansekap Ibu Kota Jakarta dilihat dari kawasan Jakarta Pusat, Rabu (14/5).

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Wakil Bupati Bogor Nurhayanti menyatakan daerah penyangga bisa bersinergi dengan Ibu Kota Jakarta dalam pembangunan infratsruktur khususnya dalam penanggulangan banjir.

"Yang terpenting sekarang komunikasi kita (antara daerah penyangga dengan Jakarta) terbuka. Sebelumnya tidak pernah seperti ini," katanya melalui Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Erwin Suriana di Cibinong, Sabtu (20/9).

Wabup menjelaskan bahwa komunikasi antara pimpinan daerah penyangga, seperti Bogor, Tangerang, Bekasi dan lainnya dengan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Basuki Tjahaja Purnama guna membicarakan sinergi pembangunan kian intensif.

Ia menjelaskan dalam setiap pertemuan tersebut, kata dia, masih membahas seputar kerja sama penanggulangan bencana banjir dan infrastruktur lainnya antara Jakarta dan daerah penyangga ibu kota termasuk Kabupaten Bogor.

Nurhayanti menjelaskan, sebelumnya Pemkab Bogor juga pernah berkomunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta untuk meminta konfirmasi apa saja yang bisa dibantu pihaknya untuk Jakarta.

"Harapan kita, DKI bisa merespon sehingga kami daerah-daerah penyangga Ibu Kota bisa saling sinergi dalam pembangunan infrastruktur dan penanggulangan banjir itu," katanya.

Menurut dia, dengan komunikasi yang semakin terbuka, sinergi akan lebih mudah.

"Bagaimana pun juga komunikasi seperti ini sangat efektif sehingga Jakarta dan daerah-daerah penyangga di sekitarnya bisa sama-sama tahu apa kebutuhannya. Karena kita bertujuan sama untuk melayani masyarakat," katanya.

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama (Ahok) mengatakan untuk membangun infrastruktur Jakarta sebagai ibu kota negara adalah tanggung jawab bersama.

Oleh karena itu untuk daerah penyangga ibu kota seperti Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, butuh dana untuk pemeliharaan dan pembangunan.

"Maka kita ajukan ke DPRD untuk memberi bantuan Rp 100 miliar untuk satu kota mitra. Dana tersebut dalam bentuk bantuan keuangan yang selama ini sudah bergulir. Bogor selama bisa untuk membantu infrastruktur kami akan bantu. Seperti pembangunan waduk di Ciawi," katanya

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement