Jumat 12 Sep 2014 17:40 WIB

Volume Waduk Sempor Terus Surut

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Waduk.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Waduk.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Volume air di waduk Sempor yang berada di Desa Sempor Kecamatan Gombong, terus menyusut. Saat ini, volume air tersisa di waduk tersebut  tinggal 17,3 juta meter kubik.

Padahal untuk memulai musim tanam akhir 2014 ini, pintu irigasi dari waduk ini dijadwalkan bisa dibuka 1 Oktober mendatang.

"Jika sampai akhir September 2014 masih belum turun hujan, rencana pembukaan aliran irigasi yang dijadwalkan 1 Oktober, kemungkinan akan tertunda,'' jelas Kepala Bidang Irigasi pada Dinas Sumberdaya Air Energi dan Sumberdaya Mineral (SDA ESDM), Muchtarom, Jumat (12/9).

Dia menyebutkan, dengan volume air waduk yang hanya tinggal 17,3 juta meter kubik, air dari waduk ini hanya akan bisa mengairi sawah hanya dalam beberapa pekan saja. Padahal, air dalam waduk tersebut perlu dipertahankan volumenya, karena juga menjadi sumber tangkapan air yang menopang kebutuhan air wilayah sekitarnya.

''Jadi kalau tidak ada hujan sampai akhir September, kemungkinannya air dari Sempor belum bisa dialirkan. Dengan demikian, petani juga belum bisa mengolah sawahnya hingga pertengahan Oktober,'' jelasnya.

Menurutnya, dari pengukuran volume air terakhir tahun 1998, waduk tersebut masih mampu menampung air hingga 38,363 juta meter kubik. Dengan kapasitas daya tampung air tersebut, air dari Waduk Sempor mampu mengairi sawah seluas 4.000 hektar di wilayah Kabupaten Kebumen.

Anggota Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Eddy Wahono menyebutkan, daya tampung air Waduk Sempor saat ini, kemungkinan tidak lagi sebesar 38,363 juta meter kubik. Hal ini karena tingkat sedimentasi akibat erosi di hulu sungai yang dibendung cukup tinggi, mencapai 200 ribu meter kubik per tahun.

''Sebagai gambaran, ketika Waduk Sempor dibangun tahun 1978, volume air yang ditampung masih bisa mencapai 52 juta meter kubik, sehingga mampu mensuplai kebutuhan irigasi untuk sawah 6.500 hektare. Jadi daya tampung air waduk tersebut saat ini, kemungkinan sudah jauh lebih rendah lagi dibanding kondisi tahun 1998,'' jelasnya.

Sementara mengenai perbaikan Bendung Pengendali Sedimen Sempor yang ambrol akibat tergerus banjir 6 Agustus 2014 lalu, Eddy menyatakan, rencananya akan mulai dilakukan perbaikan pada pertengahan September 2014 ini. '

'Dengan pengerjaan tersebut, diharapkan bendung pengendali sediman bisa kembali berfungsi sebelum musim hujan tiba,'' tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement