Kamis 11 Sep 2014 19:03 WIB

Jokowi, Ahok dan Ridwan Kamil Produk Partai

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Bilal Ramadhan
Ahok Mundur Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Ahok Mundur Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahter (F-PKS), Hidayat Nur Wahid menolak anggapan pemilihan kepala daerah (pilkada) melalui DPRD tidak bisa menghasilkan pemimpin berkualitas. Menurutnya kepala daerah seperti Joko Widodo, Basuki Tjahja Purnama (Ahok), dan Ridwan Kamil justru muncul karena didorong partai politik.

"Ini bukti partai menghasilkan orang hebat," kata Hidayat kepada wartawn di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (11/9).

Hidayat mencontohkan Ahok sempat gagal ketika ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta secara independen. Berkat bantuan Gerindra lah Ahok akhirnya bisa maju di Pilkada DKI Jakarta. Artinya, kata Hidayat, partai politik juga bisa menghadirkan kepala daerah yang berkualitas.

Terkait peluang terjadi politik transaksional di DPRD, Hidayat menyatakan hal itu bisa di atasi dengan pengawasan ketat aparat penegak hukum. KPK misalnya bisa mengawasi rekening dan sabungan telepon calon kepala daerah dan anggota DPRD yang akan melangsungkan pilkada.

"Memindahkan korupsi DPRD itu bisa dikoreksi dengan cara mengawasi seluruh proses di KPUD, KPK, PPATK mengawasi transaksi keuangan dan telepon kandidat bupati, walikota," kata Hidayat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement