Kamis 11 Sep 2014 13:42 WIB

Lelang Mercy Dibatalkan, Menteri Jokowi Naik Esemka?

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
  Presiden terpilih Joko Widodo menjawab pertanyaan media usai menghadiri forum silaturahmi Fraksi PDIP di Jakarta, Ahad (7/9).  (Republika/Tahta Aidilla)
Presiden terpilih Joko Widodo menjawab pertanyaan media usai menghadiri forum silaturahmi Fraksi PDIP di Jakarta, Ahad (7/9). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sekretariat Negara telah memutuskan untuk tidak melanjutkan pengadaan kendaraan dinas Mercedes-Benz bagi para menteri atau pejabat setingkat menteri. Lantas, apa mobil dinas yang akan didapat oleh menteri di periode 2014-2019? 

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tidak menutup kemungkinan menteri di kabinetnya nanti akan menggunakan kendaraan buatan dalam negeri, seperti mobil Esemka. 

"Ya bisa saja (pakai Esemka). Nanti setelah 20 Oktober saya bicara lagi," ujar gubernur DKI Jakarta tersebut di Balai Kota, Kamis (11/9). 

Nama Jokowi sempat melambung saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2012. Saat itu, dia memperkenalkan mobil rakitan siswa SMKN 2 Surakarta. Mobil buatan anak negeri yang dinamakan Esemka tersebut bahkan sempat dijadikan sebagai mobil dinas oleh Jokowi. 

Esemka sempat hendak dijadikan mobil nasional. Namun, mobil tersebut mengalami dua kali tak lolos uji emisi sehingga harus dikembangkan kembali. Akhirnya, pada Agustus 2012, Esemka dinyatakan lolos uji emisi oleh Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP).

 

Ikuti informasi terkini seputar sepak bola klik di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement