Selasa 09 Sep 2014 12:00 WIB

PD Milik Pemkot Medan Diminta Mampu Tingkatkan PAD

Pendapatan asli daerah (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Pendapatan asli daerah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Medan diminta mampu menggali dan memberdayakan potensi yang dimiliki agar lebih produktif guna meningkatkan pendapatan asli daerah, kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Medan Ferdinand L. Tobing.

"Tiga perusahaan daerah milik Pemkot Medan harus terus berinovasi sehingga mampu bersaing dengan perusahaan swasta maupun nasional," kata Ferdinand L. Tobing di Medan Selasa.

Ia mengatakan sesuai dengan pokok otonomi daerah, maka peningkatan kemampuan keuangan daerah harus dilakukan oleh pemerintah daerah melalui peningkatan potensi yang ada secara bijak dan berkelanjutan.

Dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah yang semakin efektif sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pertumbuhan ekonomi daerah, diperlukan upaya-upaya terpadu guna meningkatkan kemampuan keuangan daerah.

Salah satu upaya meningkatkan sumber pendapatan asli daerah adalah melalui peningkatan kinerja perusahaan daerah.

Pemkot Medan sendiri saat ini memiliki tiga perusahaan daerah yakni PD Rumah Potong Hewan, PD Pembangunan dan PD Pasar.

Namun ketiga perusahaan tersebut masih menghadapi berbagai kendala yang menyebabkan sulitnya bersaing dengan perusahaan-perusahaan negara dan swasta.

Untuk itu, ketiga perusahaan daerah tersebut diminta agar meningkatkan kinerja dari berbagai aspek seperti pembinaan, permodalan, pengawasan, dan profesionalisme, baik dari segi manajemen, SDM, maupun sarana dan prasarana.

Serta menerapkan prinsip-prinsip ekonomi perusahaan secara sehat dan rasional, agar mampu mengelola usaha secara efektif dan efisien yang nantinya mampu berkontribusi bagi PAD Kota Medan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement