Senin 08 Sep 2014 21:29 WIB

Sosialisasi Lomba Situs Web IPB 2014

Sosialisasi lomba web IPB 2014
Sosialisasi lomba web IPB 2014

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Lomba Situs Web IPB 2014 (5/9). Kegiatan bertema Toward Word Class University ini digelar di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit, Fakultas Peternakan, IPB.

Direktur Integrasi Data dan Sistem Informasi IPB, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc menyatakan, "Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi serta keberlanjutan pembaharuan situs web unit-unit kerja di IPB. Hal ini dilakukan sebagai upaya memenuhi standar World Class University dan menjadikan web sebagai media publikasi dan promosi keunggulan IPB."

Idat Galih Permana menyatakan bahwa Bandwith IPB sudah meningkat pesat. Hal ini hendaknya ditunjang dengan pemanfaatan oleh para pengaksesnya.

''Perangkingan Webometrics 2014 telah menempatkan IPB pada posisi empat besar setelah berbagai upaya dilakukan untuk mencapai hal itu. Saya berterima kasih kepada para pengelola web. Ini tak lain berkat kontribusi bapak dan ibu sekalian dalam mengelola web unit sehingga berkontribusi kepada peningkatan web institusi," kata Idat.

Peserta kegiatan ini nantinya adalah situs web yang berada di bawah domain ipb.ac.id dan akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kategori yaitu Fakultas, Departemen, Program Studi Pascasarjana, Kantor, Direktorat, Sekretariat Unit Kerja, Pusat Studi dan Lembaga Penelitian, Lembaga Kemahasiswaan, blog Dosen, staff, dan student.

Selain untuk memeriahkan Lomba Web IPB 2014, sosialiasi ini juga bertujuan agar para peserta mengetahui bagian mana saja dari web-nya yang masih lemah dalam rangka meningkatkan peringkat/rangking IPB di Webometrics.

Sosialiasi ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Firman Ardiansyah, S.Kom, M.Kom, selaku panitia lomba dan Siti Nuryati, S.TP, M.Si, Kepala Bidang Humas IPB. Firman Ardiansyah, S.Kom, M.Kom memaparkan mekanisme pelaksanaan lomba dan tata cara penilaian untuk masing masing web yang akan di nilai.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas IPB, Siti Nuryati, S.TP, M.Si memaparkan materi tentang penulisan berita. Beberapa rumus yang disampaikan adalah terkait rumus 5W + IH (What, Where, Who, When, dan Why) + (How) dan rumus piramida terbalik.

Siti Nuryati, S.TP, M.Si juga mengatakan bahwa menulis berita itu mudah. Ia juga memotivasi para peserta agar tertarik untuk memberitakan kegiatan yang ada di masing-masing unit. Untuk informasi lebih lanjut tentang lomba web ini dapat dilihat pada laman website http://lombaweb.event.ipb.ac.id atau dapat menghubungi panitia di [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement