Senin 08 Sep 2014 21:20 WIB

Meriahnya Launching Inovasi dan Bakti Sosial IPB

Bhakti Sosial IPB di desa Cikarawang, Bogor
Bhakti Sosial IPB di desa Cikarawang, Bogor

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Agribusiness Development Station (ADS) di Desa Cikarawang yang biasa sepi, jauh dari kebisingan kendaraan, Jum'at (5/9) mendadak ramai. Ya, ADS yang di bawah koordinasi Pusat Kajian Hortikultura Tropika ) ini mendapat "sampur", menjadi tuan rumah penyelenggaraan Launching Inovasi dan Bakti Sosial.

Kegiatan ini digelar dalam rangkaian Dies ke-51 Institut Pertanian Bogor (IPB) dihadiri ratusan orang yang berasal sivitas akademika, petani dan peternak lingkar kampus.

Sementara pejabat pemerintah yang hadir adalah Wakil Wali Kota Bogor Ir. Usman Hariman. Kegiatan diisi berbagai acara seperti, mini expo, talkshow, layanan konsultasi mobil keliling.

Stand expo dari Fakultas Peternakan, Direktorat Riset dan Inovasi, serta ADS dipenuhi pengunjung. Sementara itu, mobil layanan masyarakat yang sempat dikunjungi oleh Rektor bersama Wakil Walikota Bogor mendapat perhatian khusus para jurnalis dari media cetak dan televisi.

Bahkan Ir.Usmar Hariman Wakil Wali Kota Bogor yang juga alumni IPB didampingi Rektor, menyempatkan diri berfoto di depan mobil layanan masyarakat. Mobil layanan masyarakat ini terdiri dari mobil klinik Tanaman Fakultas Pertanian, mobil Curhat Fakultas Ekologi Manusia, mobil konsultasi kesehatan hewan Fakultas Kedokteran Hewan, dan mobil klinik Nutrisi dan Produksi Ternak dari Fakultas Peternakan

Tak kalah meriah, gelaran talkshow yang audiensnya mayoritas petani lingkar kampus pun berlangsung meriah. Para peserta tampak antusias mendengarkan pemaparan narasumber.

Mereka berebut menyampaikan pertanyaan ketika dibuka sesi tanya jawab. Pertanyaan yang muncul berkisar pada tanaman cabai yang mengkerut, ternak kambingnya kembung, ubi jalar yang rasanya lanas, minta jadwal mobil curhat keliling ke desanya, juga ada candaan tentang konsultasi mobil ternak yang barangkali ada program BPJS.

Dalam talkshow ini, panitia menghadirkan empat narasumber yakni Prof.Rizal Damanik pakar gizi dan kesehatan manusia dari FEMA, Prof. Erika Budiarti Lakoni pakar peternakan dari Fakultas Peternakan, Dr.Koekoeh Santoso pakar kesehatan hewan Fakultas Kedokteran Hewan, dan Dr.Widodo pakar klinik tanaman dari Fakultas Pertanian dengan moderator Dr.Syarifah Iis Aisyah Direktur Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA).

Mendapat pertanyaan yang hangat dari peserta, narasumber memberi jawaban yang tak kalah semangat, hingga menjadikan talkshow lebih hidup. Namun karena keterbatasan waktu, narasumber hanya bisa menjelaskan secara singkat dan narasumber meminta nomor telepon para petani untuk untuk penjelasan lebih lanjut.

Sementara bakti sosial dilaksanakan oleh IPB melalui program Jum'at Keliling untuk 14 desa dan tiga Kelurahan di lingkar kampus. Kegiatannya meliputi penyerahan peralatan semprot desinfektan nyamuk kepada perwakilan masyarakat lingkar kampus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement