Senin 08 Sep 2014 16:15 WIB

Permainan Tradisional Dapat Mendidik Karakter Anak

Rep: C67/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Seorang turis asing mencoba permainan tradisional congklak pada acara Jakarta Festival Museum Day 2012, di Taman Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (19/5).  (Prayogi/Republika)
Seorang turis asing mencoba permainan tradisional congklak pada acara Jakarta Festival Museum Day 2012, di Taman Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (19/5). (Prayogi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Permainan tradisional dinilai memiliki peran penting dalam mendidik karakter anak. Karena itu, keberadaanya perlu dilestarikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo, dalam sambutannya pada acara perayaan puncak hari anak nasional, Senin (8/9), di lapangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Menurutnya, melestarikan permainan tradisional memiliki dampak yang positif terhadap pertumbuhan anak.

Purnomo mengakui, perkembangan zaman membuat anak-anak tidak lagi mengenal permainan tradisional. Padahal, tutur Purnomo, tidak semua permainan modern memiliki dampak yang positif. “Permainan tradisional bisa memberikan pendidikan karaketar,” ujar Purnomo, Senin (8/9) pada sambutannya.

Menurut Purnomo anak merupakan faktor pendukung di masa kini dan masa mendatang. Oleh karena itu ia berharap anak-anak Sleman memiki kecerdasan yang tinggi dan mampu mengasah kemandirian.

Sementara itu, Kepala Badan Kepala Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan (KBPMPP) Pemkab Sleman, Nurul Hayah meminta kepada setiap kecamatan untuk menyediakan saran dan prasaran permainan tradisional untuk anak. Hal tersebut, sebagai upaya untuk tetap menghidupkan permainan tradisional tersebut.

“ini juga untuk mewujudkan Sleman menjadi kabupaten layak anak," ujar Nurul, Senin (8/9) seusai acara puncak hari anak nasional kepada wartawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement