Ahad 07 Sep 2014 20:05 WIB

Tim Jumling IPB Sapa Warga Kampung Carang Pulang

Jumat keliling IPB
Jumat keliling IPB

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Kerja bakti "bebersih" mengawali rangkaian kegiatan Jumat Keliling (Jumling) Institut Pertanian Bogor (IPB) di Dusun III Kampung Carang Pulang Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor, Jumat (6/6).

Bebersih dilakukan secara gotong-royong oleh warga setempat dan tim mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, serta dibantu tim kebersihan Biro Umum IPB. Usai bebersih dan pengasapan (fogging), acara dianjutkan dengan tatap muka di Masjid Kamal Sidiq.

Di masjid ini, Tim Jumling IPB disambut meriah oleh ratusan warga yang antusias menunggu rombongan tim Jumling IPB yang untuk pertama kalinya datang di dusun mereka.  Pimpinan rombongan Jumling IPB, Direktur Integrasi Data dan Sistem Informasi IPB Dr Idat Galih Permana dalam sambutannya mengatakan, Kampung Carang Pulang adalah kampung terdekat dari kampus IPB Dramaga, dan menjadi jalan lintasan bagi banyak sivitas IPB saat berangkat dan pulang kerja.

''Maka sudah sepantasnya IPB yang memiliki banyak sumberdaya manusia (SDM) di bidang pertanian dalam arti luas, menjadikan kampung ini sebagai salah satu tempat pengabdian. Terlebih di desa ini lahan pertanian masih cukup luas dan menjadi sumber mata pencaharian sebagian besar warganya,'' ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Cikarawang Safturi Wijaya menyambut baik kegiatan Jumling IPB yang secara rutin bersilaturrahmi, sekaligus mendiseminasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para dosen dan mahasiswa kepada warga. Dalam kesempatan ini, Safturi mengucapkan terima kasih kepada IPB, yang diakuinya telah banyak mempekerjakan warga setempat menjadi pegawai di IPB.  

Rangkaian Jumling ditutup dengan penyuluhan "Gerakan Hidup Sehat dan Bersih" oleh Dr. drh Koekoeh Santoso. Sebelumnya tim Jumling IPB menyerahkan alat pengasapan (fogging) kepada Kepala Desa, penyerahan sertifikat "Pelatihan Pengoperasian Mesin Fogging dan Juru Pemantau Jentik", penyerahan buku paket bacaan dan buku iqro untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Semai Benih Bangsa Cendana, dan penyerahan Juz Amma dan karpet untuk Madrasah Ichwanul Muslim.  

Hadir dalam kesempatan ini diantaranya panitia Jumling Warcito, SP, MM, Ir Sutrisno Koswara MS, drh. Rahmat Hidayat MSc, Ir. Sutrisno, MBA, sejumlah pengurus Agrianita IPB, dan tim Humas IPB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement