Jumat 05 Sep 2014 13:27 WIB

SBY Minta Jokowi Lanjutkan MP3EI

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Esthi Maharani
Presiden SBY dan Gubernur DKI Jakarta Jokowi.
Foto: Setkab
Presiden SBY dan Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan pesan kepada presiden terpilih, Joko Widodo agar melanjutkan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Saya titip pada Pak Jowo Widodo, presiden kita mendatang, agar apa yang telah kami capai dalam rangka pembangunan MP3EI, dapat dilanjutkan," ujar Presiden saat meresmikan sejumlah proyek MP3EI di Jakarta Convention Center, Jumat (5/9) yang juga dihadiri presiden terpilih, Jokowi.

SBY mengatakan, sejak dirilis tiga tahun silam, MP3EI yang ditetapkan melalui peraturan presiden, memiliki jangka waktu yang panjang untuk benar-benar diselesaikan. MP3EI bertujuan mempercepat dan memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia dan membangun konektivitas.  Proyek-proyek MP3EI meliputi pembangunan di sektor infrastruktur dan sektor riil.

"Karena masih ada 11 tahun lagi, dan dengan dukungan semua, Pak Jokowi, insya Allah sasaran tersebut dapat kita capai," katanya.

MP3EI memasuki usia ketiga. Sampai dengan Juni 2014, realisasi MP3EI sebesar Rp863,3 triliun dari 383 proyek di enam koridor ekonomi yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara dan Papua-Maluku.

Dari jumlah proyek itu, 174 proyek di sektor riil dengan total investasi Rp 441 triliun, dan 209 proyek infrastruktur dengan investasi Rp 422 triliun.  Sumber pendanaan proyek MP3EI sebesar Rp863,3 triliun berasal dari investasi BUMN sebesar 26,2 persen, swasta 37,9 persen, pemerintah 15,6 persen dan dari pemerintah serta swasta 20,1 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement