Kamis 04 Sep 2014 19:51 WIB

Jokowi Harus Prioritaskan Pembangunan Hutan

Jokowi (Joko Widodo) di Balai Kota, Jakarta, Rabu (3/9). (Republika/ Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Jokowi (Joko Widodo) di Balai Kota, Jakarta, Rabu (3/9). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ibnu Multazam menaruh harapan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo mendatang membuat prioritas program strategis terhadap pembangunan hutan.

"Pembangunan kehutananan tidak bisa dibangun secara sektoral, tapi harus secara komprehensif dengan pembangunan perkebunan dan pertanian," kata Ibnu Multazam pada diskusi "Roadmap Pembangunan Hutan Indonesia Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Kelestarian Lingkungan" di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, kawasan hutan Indonesia terus menyusut karena adanya pengalihan fungsi lahan, sehingga perlu dilakukan pembangunan hutan secara komprehensif .

Dalam pembangunan hutan, menurut dia, perlu ada pengaturan tata ruang yang merupakan kawasan hutan lindung, hutan produktif, serta perkebunan dan pertanian.

"Kita harapkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo mendatangmemiliki kepedulian dan dapat menjadikan pembangunan kehutanan sebagai program strategis," katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, jika pembangunan hutan bersamaan dengan pembangunan perkebunan dan pertanian, maka dapat juga memberikan manfaat kapada petani dan masyarakat di sekitar hutam.

"Soal anggaran, DPR RI bersama stake holder mengusulkan agar anggaran kehutanan dapat ditambah," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement