Kamis 04 Sep 2014 18:34 WIB

Siapa Menteri ESDM Pengganti Jero Wacik?

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Mansyur Faqih
Chairul Tanjung
Foto: Republika/Prayogi
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jero Wacik sudah menyatakan mengundurkan diri dari posisinya sebagai menteri ESDM karena terjerat kasus korupsi. Lalu, siapa yang akan menggantikan posisi politikus Partai Demokrat itu?

Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mencoba memberikan penjelasan, Kamis (4/9). 

"Seratus persen kewenangan presiden. Biarkan presiden mengambil keputusan apakah menteri baru atau adinterim. Karena waktunya sudah sangat sempit (jelang berakhirnya masa bakti KIB II). Presiden pasti memikirkan keputusan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Ia menambahkan, SBY juga akan segera melakukan pemanggilan terhadap CT.

"Akan cepat, lebih cepat dari yang anda perkirakan. Kalau waktunya memungkinkan, besok sudah akan memanggil," kata mantan ketua Komite Ekonomi Nasional ini.  

CT juga ditanya terkait kemungkinan menjadi menteri adinterim di sejumlah kementerian di bawah koordinasinya. Ini terkait dengan tenggat waktu pengunduran para menteri yang terpilih sebagai anggota DPR.

Misalnya, menteri kehutanan atau menteri perhubungan. "Seratus persen ada di presiden. Saya belum tahu apa yang menjadi langkah atau kebijakan dari presiden," kata CT.  

"Mungkin besok juga presiden akan menggelar sidang paripurna mengenai ini. Apa nanti yang akan disampaikan kepada menteri, apa yang harus dilakukan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement