Ahad 11 Aug 2019 21:09 WIB

Puluhan Ribu Gram Organ Kurban di Bandung tak Layak Konsumsi

Organ-organ yang diafkir karena salah satunya terdapat cacing hati.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Endro Yuwanto
Pembagian daging kurban
Foto: Istimewa
Pembagian daging kurban

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Sebagian organ hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Hari Raya Idul Fitri, Ahad (11/8), terdapat cacing hati. Organ-organ tersebut tidak layak konsumsi oleh masyarakat sehingga harus dibuang.

Berdasarkan data Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, organ-organ yang diafkir karena salah satunya terdapat cacing hati. Di antaranya yaitu hati sapi sebanyak 16 ribu gram dari empat ekor sapi, hati kerbau sebanyak 500 gram dari satu ekor kerbau.

Kemudian, paru sapi sebanyak 1.500 gram dari satu ekor sapi. Hati domba sebanyak 5.000 gram dari 16 ekor domba, paru domba sebanyak 500 gram dari tiga ekor domba, dan limpa sapi 650 gram dari satu ekor sapi.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban atau postmortem hingga pukul 16.20 WIB pada 35 dewan kemakmuran masjid (DKM) di 14 kecamatan dari target sampel 200 titik/DKM di 31 kecamatan yang ada.

"Diafkir (organ-organ tersebut) dan tidak layak dikonsumsi," ujar Tisna, Ahad (11/8).

Menurut Tisna, jumlah hewan yang dipotong, yaitu sapi 126 ekor, kerbau 3 ekor, domba 242 ekor, dan kambing 2 ekor. Penyebab organ-organ hewan kurban tersebut diafkir karena salah satunya terdapat cacing hati. "Di antaranya karena ada cacing hatinya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement