Senin 15 Aug 2016 04:23 WIB

Warga Bentangkan Bendera Satu Kilometer

 Penjahit menyelesaikan pesanan bendera dan umbul-umbul merah-putih di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (6/8).
Foto: Republika/ Wihdan
Penjahit menyelesaikan pesanan bendera dan umbul-umbul merah-putih di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BUKTITINGGI -- Warga Kelurahan Aur Tajungkang Tengah Sawah (ATTS), Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), membentangkan bendera Merah Putih dengan panjang satu kilometer untuk memeriahkan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Ketua Pemuda Tengah Sawah, Yuzeki Dt Basa di Bukittinggi, Ahad, mengatakan ide tersebut digagas oleh pemuda setempat sebagai bentuk kebersamaan antara pemuda, tokoh masyarakat dan warga lain dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI.

"Selain itu, perayaan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan, sebelumnya kami hanya merayakan dengan memasang umbul-umbul saja," tambahnya.

Bendera dengan ukuran panjang satu kilometer dan lebar 40 sentimeter tersebut dibentangkan dengan mengikat pada satu tiang listrik ke tiang listrik lain di Jalan Syeh Ibrahim Musa, Kelurahan ATTS, Kecamatan Guguk Panjang.

"Terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 16 RT dari tiga RW," lanjutnya.

Ia menjelaskan, persiapan untuk perayaan telah dilakukan sejak 5 Agustus 2016 dan diperlukan waktu tiga hari untuk menjahit bendera.

"Bendera tersebut dijahit dengan bantuan dari para ibu-ibu kader Posyandu Rose," tambahnya.

Ia menyebutkan, perayaan Hari Kemerdekaan juga akan diisi dengan sejumlah perlombaan seperti balap karung dan tarik tambang bagi para siswa sekolah pada 17 Agustus dan direncanakan mulai pukul 13.00 WIB.

"Yang penting di sini adalah semangat kebersamaan dan menumbuhkan rasa nasionalisme," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement