Sabtu 23 Aug 2014 22:12 WIB

Puluhan Lutung Serbu Kebun Warga

Kawanan kera (ilustrasi)
Foto: Antara
Kawanan kera (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Puluhan lutung (Langur) atau sejenis kera menyerbu kebun milik warga Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Sabtu.

"Satwa itu dipastikan terancam kelaparan karena di habitatnya kawasan hutan lindung sudah tidak ada lagi makanan," kata Dayat warga Gedong, Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Ia mengatakan, saat ini buah-buahan di kawasan hutan setempat belum musim panen sehingga mereka kesulitan untuk mencari makanan. Biasanya, populasi lutung itu mengonsumsi buah kiara, turlalak, kecapi dan rambutan.

Namun, saat ini mereka datang secara bergerombol merusak tanaman pisang, jagung, kacang dan padi yang ada di ladang atau kebun milik warga untuk sekedar mencari makanan. Sebagian lutung juga masuk ke perkampungan warga agar mereka bisa mengonsumsi makanan.

"Saya kira satwa lutung itu datang ke perkampungan bila makanan di hutan sudah habis dan terancam kelaparan. Saya sudah biasa kedatangan lutung-lutung itu," kata Dayat.

Lutung-lutung hidup di pohon-pohon tinggi di kawasan hutan lindung juga pemakaman. Jika sore hari, mereka berkeliaran di sekitar tepi Sungai Ciberang di Blok Sangiang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement