Sabtu 16 Aug 2014 17:50 WIB

Warga Kabupaten Bandung Butuh Air Bersih

Warga kesulitan air bersih
Foto: Antara
Warga kesulitan air bersih

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Memasuki musim kemarau warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membutuhkan pasokan air bersih karena sumur gali mereka mengering.

"Kemarau sumur milik warga di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, mulai mengering. Mereka berharap pasokan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga," kata Entis Sutisna, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Bandung kepada wartawan, Sabtu.

Rusaknya resapan air akibat dari hutan di Kabupaten Bandung semakin berkurang, ditambah pula penyempitan lahan industri tak terkendali, sehingga memasuki kemarau masyarakat setempat kesulitan memperoleh pasokan air.

Menurut dia, bagi warga di Cikancung bisa mendapatkan air di mata air Cijapati, tapi jaraknya cukup jauh dan jalannya terjal, tetapi jika disediakan proyek pipanisasi akan memudahkan mereka.

Sementara itu Juju warga lain di Bandung mengaku, kemarau menyulitkan warga Bandung memperoleh pasokan air bersih, akibat rusak lingkungan hidup dikawasan hutan sebagai resapan air tersebut.

Menurut dia, sebaiknya warga dan pihak terkait memperbaiki kembali resapan air dengan menghijaukan kembali hutan yang sudah rusak, di hulu Citarum lahan tersebut berubah jadi areal pertanian sayuran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement