Kamis 14 Aug 2014 23:16 WIB

Gubernur Sumsel Raih Penghargaan Adi Bahasa 2014

Rep: Maspriel Aries/ Red: Agung Sasongko
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin
Foto: Antara
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Setelah sebelumnya memperoleh penghargaan kehormatan Bintang Mahaputra Utama, kali ini memperoleh penghargaan anugerah Adi Bahasa 2014.

Kepala Balai Palembang Aminulatif mengatakan, “Pemerintah melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan Provinsi Sumatera Selatan meperoleh penghargaan Anugerah Adi Bahasa 2014.”

Menurut Aminulatif, Kamis (14/8), penghargaan Adi Bahasa merupakan bentuk penghargaan tertinggi yang diberikan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa kepada daerah yang dinilai penggunaan bahasa Indonesianya baik dan juga keberhasilan pemerintah daerah dalam mendorong penggunaan bahasa Indonesia secara baik di kalangan dunia pendidikan, dalam administrasi perkantoran dan pesan-pesan sosialisasi pada iklan atau reklame.

“Penghargaan anugerah Adi Bahasa ini diberikan setiap lima tahun sekali. Pada 2014 selain Sumatera Selatan juga diperoleh Provinsi Aceh dan Kalimantan Selatan. Untuk penyerahannya akan diserahkan 18 Agustus 2014 di Jakarta yang akan diserahkan pada acara seminar lokakarya kebahasaan di TMII, Rencananya penyerahkan akan dilakukan Menko Kesra dan Mendikbud,” kata Aminulatif.

Pada anugerah Adi Bahasa 2009, daerah yang meraih penghargaan tertinggi pada Bahasa Indonesia tersebut adalah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang penghargaannya diterima langsung oleh Gubernur Gamawan Fauzi, Wakil Gubernur Jatim Syaefullah Yusuf dan Gubernur Sultra Nur Alam.

Menurut Aminulatif, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dibawah kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin  telah secara terus menerus memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menerapkan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD).

“Penilaian dilakukan oleh tim dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud terhadap surat-surat, nota dinas, laporan dan dalam pembuatan aturan atau peraturan daerah juga pesan-pesan sosialisasi pembangunan pada media luar ruang, seperti iklan atau reklame,” katanya.

Selain itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud juga menilai Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mampu menanamkan kembali kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia. “Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah berkontribusi nyata dalam menumbuhkan dan mewujudkan perasaan cinta kepada bahasa Indonesia,” ujar Aminulatif.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn mengaku sempat terkejut dengan informasi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan menerima penghargaan Anugerah Adi Bahasa 2014.

“Saya sudah cari informasinya, ternyata benar Gubernur Sumsel menerima penghargaan Adi Bahasa. Ini merupakan anugerah bagi rakyat Sumsel di bulan Agustus pada saat Republik Indonesia merayakan kemerdekannya yang ke-69. Sebelumnya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin sudah menerima penghargaan bintang mahaputra dari Pemerintah Republik Indonesia,” kata Irene Camleyn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement