Rabu 13 Aug 2014 08:08 WIB

Harga Ikan Air Tawar di Bojonegoro Stabil

Penakaran ikan tawar
Foto: antara
Penakaran ikan tawar

REPUBLIKA.CO.ID, BOJONEGORO -- Harga sejumlah ikan air tawar di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dalam dua pekan terakhir stabil, karena jumlah pasokan mencukupi, kecuali udang fanani yang semula harganya Rp35.000/kilogram, naik menjadi Rp55.000/kilogram.

"Produksi udang fanani dari daerah penghasil Tuban, Gresik dan Lamongan, mulai berkurang, sebab kemarau. Itu yang mengakibatkan harganya naik," kata seorang pedagang ikan air tawar di Pasar Kota Bojonegoro Ny. Surip, Rabu.

Saat ini, katanya, pasokan udang fanani di pasar setempat berkurang sekitar 50 persen dibandingkan dengan kondisi pada dua pekan lalu.

"Saat ini saya hanya bisa memperoleh udang fanani sekitar 25 kilogram, yang biasanya bisa memperoleh dengan mudah 50 kilogram per hari," jelasnya.

Padahal, menurut dia, permintaan udang fanani di daerahnya cukup tinggi, baik dari konsumen masyarakat, maupun rumah makan. "Permintaan udang fanani terbanyak dari rumah makan," ucapnya.

Meski kemarau, menurut seorang pedagang ikan lainnya Bambang, pasokan sejumlah ikan air tawar lainnya, mulai gurami, nila, lele, bandeng, bawal, bahkan ikan kuthuk, di pasar setempat, mencukupi, sehingga harganya tetap stabil.

"Pedagang di pasar bisa memperoleh produksi ikan air tawar tidak hanya dari lokal, tetapi juga dari berbagai daerah di Jawa Timur. Seperti gurami, nila berasal dari Tulungagung. Tapi nila dan gurami produksi Bojonegoro, juga ada, termasuk lele," ucapnya.

Bambang juga mengatakan berkurangnya pasokan ikan laut di pasar setempat, disebabkan angin kencang tidak mempengaruhi harga ikan air tawar.

"Berkurangnya pasokan ikan laut tidak mempengaruhi harga ikan air tawar. Mungkin pasokan ikan air tawar cukup banyak," ujarnya.

Justru, katanya, sejumlah pedagang yang kesulitan memperoleh ikan laut menambah dagangannya dengan menjual ikan air tawar.

"Saya menambah dagangan ikan air tawar hanya puluhan kilogram, sebab memperoleh ikan laut sulit," ucap pedagang ikan laut di pasar setempat Ny. Sutin, menambahkan.

Saat ini, harga ikan per kilogram, bandeng Rp25.000, gurami Rp35.000, nila berkisar Rp20.000-Rp22.000, lele Rp18.000, patin Rp20.000, bawal Rp25.000, dan "kuthuk" Rp30.000.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement