Selasa 12 Aug 2014 20:28 WIB

Pelni Gencar Promosikan Angkutan Laut

Pelni
Pelni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menggencarkan program promosi dan pelayanan untuk menarik minat masyarakat menggunakan jasa angkutan laut ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kami menawarkan promosi dan program yang bisa meningkatkan minat masyakarat menggunakan jasa kapal laut dalam pengiriman barang atau bepergian," ucap Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni(Persero) Rina Trianasari di Jakarta, Selasa.

Peningkatan promosi itu antara lain mencakup ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, pelayanan dalam kapal, keamanan barang dan penumpang serta alat keselamatan yang berstandar internasional.

Selain itu ada juga program yang bisa menarik minat masyarakat seperti memberikan tempat acara untuk kegiatan rapat pimpinan dan rapat kerja di atas kapal sekaligus menikmati pemandangan laut yang kini banyak diminati konsumen.

"Semua promosi dan program itu dilakukan semata-mata untuk menarik minat masyarakat yang selama ini kami nilai masih kurang dalam menggunakan jasa tranportasi laut," tuturnya.

Rina juga menjelaskan saat ini Pelni mengalami penurunan hingga 50 persen terhadap kuantitas muatan kapal yang dikirim ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Penurunan itu dikarenakan adanya tiket pesawat murah sehingga banyak konsumen beralih menggunakan jasa udara dalam pengiriman barang.

"Kami dulu menjadi primadona dan sekarang tidak karena adanya tiket pesawat murah itu. Tapi jasa tranportasi laut masih bisa bersaing karena bisa menembus daerah-daerah terpencil," katanya.

Pelni juga mengembangkan kapal jenis "two in one" yang mana kapal tersebut bisa mengangkut penumpang dan barang seperti mobil serta sepeda motor.

"Saat ini baru dua kapal yang kami kembangkan untuk menjadi kapal 'two in one' diantaranya kapal KM Dobon Solo dan KM Ciremai," ucapnya.

Pelni juga menyiapkan satu kapal khusus guna mengangkut kontainer (peti kemas) demi memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.

Menurut dia, ada sekitar 24 armada yang disiapkan oleh Pelni guna melayani masyarakat baik angkutan penumpang maupun angkutan barang ke berbagai daerah hingga kepelosok terpencil di Indonesia.

"Target konsumen kami per tahun stabil di angka 4-4,5 juta dan saat ini pelanggan kami banyak pengusaha dari bagian Indonesia Timur yang setia menggunakan jasa angkutan laut milik Pelni karena bisa masuk ke daerah terpencil," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement