Selasa 12 Aug 2014 11:28 WIB

Denpasar Akan Bangun Taman Digital dan Rumah Pintar

Rep: ahmad baraas/ Red: Taufik Rachman
Super Wifi
Foto: IST
Super Wifi

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR - Pemkot Denpasar akan mengubah fasilitas-fasilitas bermain untuk publik menjadi taman digital.

Di tempat itu kata Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya, masyarakat sekaligus berekreasi dan bisa mengakses internet berkecapatan 100 Mbps."Upaya ini sekaligus untuk mengakrabkan masyarakat dengan internet," kata Eddy.

Hal itu dikemukakan Eddy di Denpasar, Selasa (12/8), seusai acara pembukaan seminar dan pelatihan Indonesia Digital Learning (IDL) bagi para guru se kota Denpasar. Pelatihan diadakan atas kerjasama PT Telkom, dan perusahaan Intel, serta Pemkot Denpasar, diikuti 100 peserta dari Kota Denpasar, terdiri 40 orang guru SD, masing-masing 30 orang guru SMP dan SMA.

Menurut Eddy, pada akhir tahun ini, rencana itu sudah bisa terealisasi, dimana di lokasi-lokasi bermain itu, masyarakat bisa mengakes internet berkecepatan tinggi. Sehingga katanya, untuk bisa menggunakan akses internet, masyarakat tidak perlu mencari tempat lain lagi.

Sementara itu, Pemkot Denpasar juga akan membuat Rumah Pintar, yakni bangunan yang dilengkapai dengan berbagai perankat komputer, aplikasi dan jaringan internet, yang bisa diguanakan oleh warga masyarakat setiap saat."Di rumah pintar, masyarakat bisa mengakses internet dan melakukan inovasi-inovasi melalui internet," kata Eddy.

Di Denpasar, terdapat lebih dari lima tempat bermain yang akan dijadikan taman digital. Sedangkan kata GM Wilayah Telekomunikasi Bali Selatan, I Gusti Bagus Ranuh, pihaknya akan menempatkan 25 titik wifi corner di seluruh kota Denpasar, terutama di lokasi taman digital."Dengan demikian masyarakat bisa mendapat layanan wifi berkecepatan tinggi di tempat-tempat bermain," kata Ranuh.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement