Ahad 10 Aug 2014 19:26 WIB

Ini Penyebab Patahnya Sambungan Bus Transjakarta

Transjakarta
Foto: Republika/Yasin Habibi
Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Patahnya sambungan bus Transjakarta belum lama ini akhirnya diketahui. "Penyebab patahnya itu baut sambungan bus patah," ujar General Manager PT. INKA M. Parmudya, Ahad (10/8).

Hasil menyelidikan juga menyatakan bahwa terdapat kelalaian pengemudi dalam memenuhi standar prosedur operasi (SOP) dengan memundurkan bus pada saat terjadi gangguan.

"Seluruh pengemudi bus artikulasi (gandeng) sudah memahami prosedur tersebut, namun mungkin karena arahan petugas lalulintas untuk menghindari kemacetan, tapi mereka mencoba memundurkan hingga baut penutup harmonika patah", ungkap Pramudya.

Dalam SOP dengan jelas diarahkan agar dalam kondisi seperti itu, pengemudi seharusnya bus tetap dimajukan perlahan ketempat lokasi yang lebih aman. Bus yang mempunyai penggerak belakang ini, dalam kondisi tersebut membuat body belakang tertarik kebelakang sedangkan body depan tetap pada posisinya sehingga penutup harmonika terlepas dari sambungan dengan body depan.

Namun setelah teknisi datang dan segera mengganti baut yang patah, maka bus Transjakarta sudah bisa berjalan normal lagi untuk selanjutnya dibawa ke pool Damri guna investigasi lebih lanjut. "Jadi dalam kejadian tersebut, semata-mata karena baut patah, bukan karena body atau ada bagian chassis yang patah", tegas Pramudya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement