Kamis 07 Aug 2014 18:18 WIB

Jadi Tuan Rumah Asian Games, ini Keuntungan Bagi Jakarta

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Agung Sasongko
Lambang Ibu Kota Jakarta, Monumen Nasional.
Foto: Antara
Lambang Ibu Kota Jakarta, Monumen Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ibu kota Jakarta akan segera menjadi penyelenggara Asian Games 2018. Lalu, apa keuntungan bagi Jakarta jika menggelar perhelatan olahraga yang digelar tiap empat tahun tersebut?

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, menjadi tuan rumah Asian Games adalah sebuah kebanggan tersendiri. Sebab, hal itu menjadi rebutan semua negara. Selain itu, dengan menjadi tuan rumah olimpiade tersebut, Indonesia akan lebih dikenal warga dunia, khususnya Asia.

"Ada promosi untuk kota, untuk negara. Dan ya tentu prestasi olahraga menjadi baik karena kita jadi tuan rumah," ujarnya di Balai Kota, Kamis (7/8).

Seperti diketahui, Jakarta hampir pasti menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Untuk mempersiapkan perhelatan akbar tersebut, Jokowi telah menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan Olympic Council of Asia (OCA), Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin.

Jokowi menambahkan, perwakilan Indonesia akan menghadiri kongres Olympic Council of Asia (OCA) di Incheon, Korea Selatan. Di penutupan Asian Games tersebut, Korea Selatan secara resmi akan menyerahkan bendera Asian Games pada Indonesia, sebagai negara tuan rumah selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement