Kamis 07 Aug 2014 02:00 WIB

70 Persen Jalan di Kabupaten di NTT Rusak

Jalan rusak (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jalan rusak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Andre Koreh, mengatakan 70 persen infrastruktur jalan kabupaten di provinsi kepulauan itu dalam kondisi rusak.

"Jalan kabupaten di NTT sepanjang 16 ribu km, tetapi hanya 30 persen mantap. Sisanya dalam kondisi rusak, baik ringan maupun parah," kata Andre Koreh di Kupang, Rabu, terkait kondisi jalan kabupaten yang ada di 21 kabupaten di NTT.

Sementara jalan provinsi, kata dia, hanya 40-45 persen yang mantap. Sisanya mengalami nasib yang sama seperti jalan kabupaten.

Ruas jalan provinsi di NTT saat ini tercatat sepanjang 2.700 km. Ruas jalan provinsi ini tersebar di 22 kabupaten/kota di daerah itu.

Andre Korah mengatakan kondisi jalan kabupaten dan provinsi ini berbeda dengan jalan nasional sepanjang 1.400 km, yang 90 persen dalam kondisi mantap atau bisa dilalui dengan kecepatan kendaraan rata-rata.

Menurut dia, penanganan terhadap infratruktur jalan kabupaten dan provinsi di daerah ini mengalami kendala karena keterbatasan anggaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement