Selasa 05 Aug 2014 18:36 WIB

Dinas Kependudukan Makassar Siap Sidak di Pelabuhan

Pelabuhan/ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Pelabuhan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar Nielma Palamba mengatakan, pihaknya siap melakukan inspeksi mendadak bersama tim gabungan di Pelabuhan Makassar dalam mengahapi arus balik.

"Sebentar malam, bersama tim terpadu kami akan melakukan Sidak terhadap para penumpang yang tiba di Makassar untuk mengantisipasi peningkatan urban di kota ini," kata Nielma di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan Sidak itu sudah rutin dilakukan setiap memasuki arus balik pasca hari raya Idul Fitri.

Hal tersebut dengan pertimbangan bahwa terdapat kecenderungan penambahan pendatang baru, baik yang mengikut pada anggota keluarga, maupun datang sendiri.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar diketahui, dari jumlah urban pada periode 2012 sebanyak 300 ribu jiwa, kemudian 2013 naik menjadi 400 ribu jiwa dari total sekiatr 1,6 juta jiwa penduduk Kota Makassar.

"Dari jumlah penduduk urban tersebut, sekitar 20 - 30 persen adalah urban tidak terdidik, kondisi inilah yang memprihatinkan," katanya.

Sementara dari jumlah penduduk urban yang ada di Kota Makassar, diakui masih terdapat sekitar 70 persen masyarakat miskin.

"Peningkatan urban yang rata-rata setiap tahunnya naik dua kali lipat, harus dapat diantisipasi agar penduduk tidak menumpuk di kota dan menimbulkan masalah baru," kata Nielma.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement