Ahad 03 Aug 2014 23:46 WIB

Ini Solusi Jokowi agar Pendatang tak Terus Datang ke Jakarta

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Joko Sadewo
Pendatang saat tiba di Jakarta.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pendatang saat tiba di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiap habis musim mudik lebaran, Jakarta selalu dibanjiri para pendatang dari daerah. Kondisi seperti ini terus terjadi dari tahun ke tahun hingga menyebabkan lonjakan penduduk di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, selama peredaran uang tidak didorong ke daerah, maka Jakarta akan terus menjadi tujuan para pendatang. Karenanya, kata dia, pemerintah harus mampu menyediakan lapangan pekerjaan di daerah.

"Kuncinya cuma di situ. Ada lapangan pekerjaan di daerah. Kalau ada lapangan pekerjaan di daerah, mereka tidak akan ke Ibu Kota," ujarnya usai menghadiri halal bihalal di Restoran Kembang Goela, Ahad (3/8).

Supaya ada lapangan pekerjaan di daerah, lanjut Jokowi, maka pemerintah harus mendorong agar para pengusaha berinvestasi di sana. Dia menilai, itulah solusi utama masalah lonjakan penduduk di Jakarta. "Itu saja kuncinya. Kan tidak mungkin kamu buat pagar mengelilingi semua DKI, terus kamu kunci," ujar presiden terpilih tersebut.

Jokowi menambahkan, setelah resmi menjadi presiden, ia akan mendorong investasi ke daerah supaya Jakarta tak lagi menjadi tujuan utama para pendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement