Ahad 03 Aug 2014 16:39 WIB

Empat Tewas Karena Miras Oplosan

Rep: c65/ Red: Maman Sudiaman
Korban tewas (ilustrasi)
Foto: www.metro.co.uk
Korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Minuman keras (miras) oploasan kembali menelan korbannya. Sebanyak empat orang warga di Kelurahan Cipageran dan Sukaresmi, Kecamatan Cimahi Utara tewas karena meneguk miras oplosan.

Keempat korban tersebut adalah Tedi alias Oded warga Kampung Sukaresmi RT 01/14 Kelurahan Citeurep, Cimahi Utara, Krisyanto (65 tahun), Doni Saepul Akbar (32) dan Endang Rohana yang tewas pada hari Jumat dan Sabtu. Salah satu korban bernama  Krisyanto sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan. Sarah (49), istri Krisyanto mengaku bingung saat melihat suaminya tersebut mengalami mual dan dada yang terasa panas,

"Bahkan matanya seperti tidak bisa melihat lagi," kata dia, Ahad (3/8).

Gejala tersebut baru dikeluhkan korban pada Sabtu pagi. Sebelumnya, sejak meminum miras tersebut dikatakan Sarah, suaminya itu tidak menunjukkan gejala apapun. "Waktu pagi aja saya sempat kasih air kelapa tapi karena panik saya bawa ke rumah sakit," ujarnya.

Lelaki yang dalam kesehariannya bekerja sebagai tukang parkir ini memang gemar meminum minuman keras. Zaenal (50), yang merupakan tetangga korban mengaku seringkali menasehati korban untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut. Menurutnya, kebiasaan korban meminum miras sudah sangat parah lantaran miras tersebut sering diminum pada pagi hari sebelum korban menyantap sarapan dan beraktivitas.

"Saya sudah menasihatinya tapi mau bagaimana lagi, kebiasaan seperti itu tidak mudah dihilangkan," kata Zaenal.

Menurut sejumlah warga, keempat korban tewas karena meminum miras oplosan atau yang biasa disebut ginseng pada Kamis (31/7) lalu di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di depan toserba.

Jatuhnya korban jiwa akibat miras oplosan rupanya terjadi juga belum lama ini, yakni pada Jumat (1/8). Kasus tersebut menewaskan empat orang korban di Kampung Nyalindung RT 03/RW 05 Kelurahan Citeureup Kec. Cimahi Utara. Keempat korban tewas adalah Jaenudin alias Japra (22) dan Usep Ansor (47) yang merupakan warga RT 03/RW 05 Nyalindung Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Asep Baswara (40) alias Udel warga Kampung Sukaresmi RT 04/RW 14 Citeureup, Kota Cimahi, Usep rante (30), warga Kampung Jati RT 04/RW 04 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan mengaku prihatin dengan jatuhnya korban jiwa akibat miras oplosan tersebut. Oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui kandungan zat dan racikan miras oplosan tersebut.

"Kami masih menyelidiki jenis minuman apa yang diminum dan racikan apa juga mencari tau darimana asalnya," ujar Erwin di Mapolres Cimahi, Ahad (3/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement