Senin 04 Aug 2014 07:26 WIB

Pemudik Minati Fasilitas Kereta Api Angkut Motor Gratis

Pekerja merapihkan motor pemudik yang mengikuti kegiatan mudik bersama AHM, Jakarta, Ahad (20/7). AHM mengirim 980 motor secara gratis milik pengendara sepeda motor merek Honda yang akan mudik ke wilayah Semarang dan Yogya, sementara pengendara sepeda moto
Foto: Adhi Wicaksono/Republika
Pekerja merapihkan motor pemudik yang mengikuti kegiatan mudik bersama AHM, Jakarta, Ahad (20/7). AHM mengirim 980 motor secara gratis milik pengendara sepeda motor merek Honda yang akan mudik ke wilayah Semarang dan Yogya, sementara pengendara sepeda moto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Angkutan motor gratis menggunakan kereta api yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia diminati pemudik pada masa arus balik Lebaran menuju Jakarta.

"Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah motor yang dikirimkan dari Stasiun Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, ke Jakarta per harinya dibandingkan jumlah kedatangan motor dari Jakarta pada saat mudik Lebaran yang lalu," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jawa Tengah, Ahad (3/8).

Menurut dia, jumlah motor yang diturunkan di Stasiun Kutoarjo pada masa arus mudik berkisar 50-130 unit per hari. Sementara saat arus balik, kata dia, jumlah motor yang dikirimkan ke Jakarta dari Stasiun Kutoarjo mencapai 100-150 unit per hari.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa angkutan motor gratis bagi pemudik untuk arus balik tersebut diselenggarakan mulai H+3 Lebaran atau Jumat (1/8) hingga H+7 Lebaran atau Selasa (5/8).

"Selama lima hari pelaksanaan angkutan motor gratis tersebut, untuk pengiriman dari Stasiun Kutoarjo mendapatkan kuota 630 unit," katanya.

Menurut dia, jumlah motor yang dikirim dari Stasiun Kutoarjo pada hari pertama pengiriman sebanyak 106 unit, sedangkan hari kedua melonjak hingga 154 unit.

"Pada H+5 Lebaran ini atau hari ketiga pengiriman, tercatat sebanyak 158 motor telah siap menunggu untuk diangkut ke Jakarta. Mungkin banyak pemudik bermotor yang sudah kecapaian, sehingga untuk balik ke Jakarta memilih memanfaatkan program motor gratis ini," katanya.

Selain dibebaskan dari biaya pengiriman motor, kata dia, pemudik juga akan diberikan prioritas mendapat tiket KA ke Jakarta.

Ia mengatakan bahwa melalui program tersebut, setiap pengiriman satu unit motor, pemudik diberi kesempatan mendapatkan maksimal empat tiket KA Kutojaya dari Kutoarjo ke Jakarta.

Akan tetapi, lanjut dia, tiket untuk penumpang tersebut harus dibayar oleh pemilik kendaraan. "Yang gratis hanya motornya saja," jelasnya.

Surono mengatakan bahwa angkutan motor gratis arus balik Lebaran menggunakan KA untuk lintas selatan dipusatkan di tiga stasiun pengiriman, yakni Stasiun Purwosari untuk daerah Solo, Klaten, dan sekitarnya.

Selanjutnya, kata dia, Stasiun Lempuyangan untuk Yogyakarta dan sekitarnya serta Stasiun Kutoarjo untuk daerah Purworejo, Kebumen, dan sekitarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement