Jumat 01 Aug 2014 11:20 WIB

Usaha Pencucian Mobil Mulai Kebanjiran Pengunjung

Bisnis cuci mobil.
Foto: Republika/Darmawan
Bisnis cuci mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Para pengusaha jasa cucian mobil dan motor di Kota Bandarlampung yang sebagian sudah mulai buka pada H+4, Jumat (1/8) kewalahan melayani para pengunjung dan langganan yang ingin membersihkan kendaraan setelah dari perjalanan mudik.

Usaha jasa ganti oli, salon, dan cucian mobil Pro-M di Jl. Gatot Subroto Garuntang Kota Bandarlampung nampak kewalahan melayani banyaknya mobil yang datang hampir serempak untuk menunggu giliran dicuci.

Akibat banyaknya mobil yang harus dicuci sementara dongkrak hidrolik pengangkat mobil yang beroperasi hanya enam buah, maka banyak mobil pelanggan yang harus sabar menunggu giliran.

"Kami baru mulai buka hari ini setelah libur lebaran, sebagian karyawan juga masih ada yang mudik ke Jawa jadi belum semuanya masuk," kata Petugas jasa cucian mobil itu, Yudi.

Cucian mobil itu di saat normal bisa melayani sekitar 30 hingga 50 mobil dalam satu hari. Namun, pada hari-hari tertentu, seperti habis liburan hari raya, tahun baru, dan hari besar lainnya bisa melayani antara 80 sampai 100 mobil.

"Setiap hari yang nyuci mobil di sini tidak tentu, ada saja, kalau habis libur memang ramai sekali," katanya.

Selain Pro-M, usaha jasa cucian mobil yang buka mulai hari Jumat ini adalah cucian mobil Sumur Putri di Jl. Pangeran Emir M Noor Telukbtung Utara. Sedangkan cucian mobil SS-4 sudah lebih dulu buka mulai Kamis, di Jl. Gatot Subroto, Pahoman Bandarlampung.

Mobil-mobil yang dicuci di hari pertama buka itu tidak saja ramai mobil dalam kota dengan plat nomor polisi Lampung (BE), tapi banyak juga mobil dari luar daerah seperti Jakarta (B), Bandung (D), Bogor (F), Banten (A), dan Sumatera Selatan/Sumsel (BG).

Namun hasil pemantauan langsung di lapangan menunjukkan, belum semua cucian mobil ukuran besar mulai buka pada hari Jumat ini.

Tarif jasa cucian mobil di Kota Bandarlampung bervariasi antara Rp 30.000, Rp 40.000, hingga Rp 50.000/unit, dan sepeda motor antara Rp 7.000, Rp 10.000, hingga Rp 15.000/unit.

Para pengusaha itu juga memberikan kupon cuci mobil yang setelah dikumpulkan 10 kali nyuci di tempat yang sama, pelanggan akan mendapatkan satu kali grartis nyuci dengan cara menukarkan 10 kupon yang telah dikumpulkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement