Rabu 30 Jul 2014 22:53 WIB

Borobudur Ramai Pengunjung, Penjual Cenderamata 'Panen'

Candi Borobudur.
Foto: Antara
Candi Borobudur.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Keramaian pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hingga Rabu membuat para pedagang berbagai macam cenderamata meraup keuntungan yang lebih besar ketimbang hari biasa.

Wakil Ketua Forum Rembug Klaster Kepariwisataan Borobudur, Basiyo, di Magelang, Rabu petang, mengatakan keramaian kunjungan wisata di tempat itu telah nampak sejak Sabtu (26/7).

Selain naik ke Candi Borobudur, katanya, wisatawan juga berbelanja aneka cenderamata yang dijual para pedagang di sekitar candi yang juga warisan peradaban dunia itu.

"Keramaian seperti ini jelas memberikan keuntungan yang lebih baik kepada para pedagang daripada hari biasa, meskipun tingkat keuntungan setiap pedagang tentu berbeda-beda," katanya.

Pengunjung Candi Borobudur yang sekaligus berbelanja berbagai macam suvenir, katanya, umumnya kalangan wisatawan keluarga yang sedang mudik, antara lain dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, termasuk dari luar Pulau Jawa, terutama Sumatra. Ia memperkirakan puncak keramaian pengunjung akan terjadi hingga Minggu (3/8).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement