Sabtu 26 Jul 2014 06:17 WIB

Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2019?

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
Alex Noerdin
Foto: Republika/Prayogi
Alex Noerdin

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Delegasi Indonesia yang dipimpin Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo kini tengah berada di Kuwait.

Delegasi tersebut usai berbuka puasa (waktu Kuwait) diterima Ketua Olympic Council Of Asia (OCA) atau Dewan Olimpiade Asia, Pangeran Syekh Ahmad Fahd Al-Sabah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn kepada Republika menjelaskan, delegasi Indonesia yang datang ke kantor pusat OCA selain Ketua KOI adalah Deputi Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewobroto dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Selain itu, tampak pula Sylviana Murni, Deputi Gubernur Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata yang datang mewakili pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

 

“Menjelang waktu berbuka puasa sekitar pukul 18.00 waktu Kuwait delegasi Indonesia diterima Ketua OCA di kediamannya,'' kata Irene Camelyn, Jumat (25/7).

Usai berbuka puasa, sambung Irene, pertemuan dimulai dengan sambutan dari Deputi Menpora, kemudian dilanjutkan Ketua KOI dan paparan Gubernur Sumsel Alex Noerdin serta  Deputi Gubernur Jakarta Sylviana Murni tentang keinginan dan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2019.

Menurut Irene, pada Asian Games ada ketentuan tentang cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade yaitu sebanyak 28 cabang, lima cabang olahraga yang di pertandingan di tingkat regional dan tiga cabang olahraga yang menjadi hak prerogatif tuan rumah.

“Untuk cabang yang dipertandingkan di Olimpiade, Provinsi Sumatera Selatan telah memiliki venues atau fasilitas cabang atletik, renang dan menembak dengan standar internasional, juga ada untuk tenis lapangan. Sementara DKI memiliki venues bola voli dan Jawa Barat untuk cabang dayung,” kata Irene.

Pada pertemuan dengan Ketua OCA Syekh Ahmad Fahd Al-Sabah tersebut, papar Irene, Gubernur Sumsel Alex Noerdin sempat berbicara langsung dan menyampaikan kesiapan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII.

Rencana itu menyusul OCA memutuskan memilih Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2019 pasca mundurnya tuan rumah sebelumnya yaitu Hanoi, Vietnam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement