Jumat 25 Jul 2014 11:46 WIB

Sampah di Kota Tangerang Meningkat Selama Ramadhan

Rep: C80/ Red: M Akbar
 Pekerja menaikkan sampah ke dalam truk sampah di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (1/7). (Republika/ Yasin Habibi).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pekerja menaikkan sampah ke dalam truk sampah di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (1/7). (Republika/ Yasin Habibi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Selama bulan ramadhan volume sampah di Kota Tangerang mengalami peningkatan hingga 20 persen. Ini membuat dinas kebersihan dan pertamanan melakukan upaya yang lebih keras untuk mengurangi penumpukan sampah.

Hal tersebut diungkapkan oleh kepala dinas kebersihan dan pertamanan, Ivan Yudianto. Ia membenarkan telah terjadi peningkatan jumlah sampah yang masuk ke TPA.

"Volume sampah sekarang memang meningkat dari biasanya. Kalau hari biasa sampah yang masuk hanya 1000 ton per hari tapi selama Ramadhan bisa mencapai 1.200 ton sehari," kata Ivan saat ditemui ROL di Balai Kota, Jumat ( 25/7).

Ivan mengatakan, peningkatan volume sampah selama Ramadhan ini membuat terjadinya penumpukan di beberapa titik. " Kita turunkan alat berat di beberapa titik untuk membantu truk sampah," lanjut Ivan.

Sampah tersebut, kata Ivan, sebagian besar berasal dari sampah domestik yang merupakan sisa-sisa makan dari rumah tangga. "Sampah-sampah itu umumnya berupa kelapa dan sayuran hingga sampah domestik lainnya," Katanya.

Untuk mengantisipasi terjadi peningkatan sampah pada saat Ramadhan, Ivan mengatakan DKP akan menyiagakan petugas untuk melakukan piket selama lebaran. "Kita sudah siapkan timnya, disiagakan petugas mulai dari malam takbiran," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement