Rabu 23 Jul 2014 21:08 WIB

Pendiri ICMI dan Tokoh Muhammadiyah ini Berpulang

Rep: c81/ Red: Maman Sudiaman
Adi Sasono memimpin doa di depan jenazah almarhum Amin Aziz
Foto: Slamet Riyanto/Republika
Adi Sasono memimpin doa di depan jenazah almarhum Amin Aziz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan tokoh Muhammadiyah, Prof Dr M Amin Aziz wafat di kediamannya pada usia 78 tahun. Almarhum meninggal karena sakit.

Mantan Ketua Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah wafat pada pukul 03.00 WIB, Rabu (23/7). Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkkan di rumah duka di Jl Pertengahan, Gang Mawar No. 29, Cijantung, Jakarta Timur.

Selanjutnya pemakaman dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur pada pukul 13.00 WIB. Hadir di pemakaman Ketua PP Muhammadiyah dan Ketua MUI, Din Syamsudin .

Amin juga merupakan pendiri Bank Muamalat dan Lembaga Lembaga Pengkajian Pangan Obat- obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Selain itu, dengan sejumlah tokoh nasional lainnya, almarhum juga terllibat dalam pendirian Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK).

Semasa hidupnya, tokoh Muhammadiyah ini pernah menjabat sebagai Direktur LPPOM MUI yang pertama (1989 - 1993) dan Komisaris Bank Muamalat Indonesia (1992 - 2004). Almarhum juga mendirikan Pusat Pengembangan Agribisnis (PPA).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement