Rabu 16 Jul 2014 11:56 WIB

Jalur KA Purwokerto Siap Dilalui Angkutan Lebaran

Jalur Rel Kereta Api
Foto: VOA
Jalur Rel Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jalur kereta api di wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, siap dilalui angkutan Lebaran 2014.

"Perbaikan jalur sudah kami laksanakan semuanya, namun perawatannya terus dilakukan untuk antisipasi terjadinya sesuatu. Jadi, kami sudah bisa dianggap 100 persen menghadapi angkutan lebaran," kata Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Andika Tri Putranto, di Purwokerto, Rabu.

Andika mengatakan hal itu kepada wartawan saat mendampingi Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Dwiyono dan Komandan Komando Distrik Militer 0701/Banyumas Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Asep Apandi yang memantau kesiapan Stasiun Purwokerto dan jalur KA di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam menghadapi angkutan lebaran.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan tenaga ekstra guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan di jalur KA seperti longsor dan banjir.

Menurut dia, tenaga ekstra tersebut di antaranya juru penilik jalan, penjaga terowongan, penjaga perlintasan, serta petugas penjaga daerah rawan longsor dan sebagainya.

"Kami juga bekerja sama dengan Polda (Kepolisian Daerah) Jateng untuk patroli jalur pada masa angkutan lebaran itu berlangsung. Patroli jalur dilakukan tiga kali dalam sehari," katanya.

Bahkan, kata dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto mendapat bantuan pengamanan dari Brigade Mobil (Brimob) Polda Jateng sebanyak 378 orang.

Terkait petugas penjaga perlintasan sebidang, Andika mengatakan bahwa pihaknya telah membaginya dalam tiga sif. Akan tetapi khusus perlintasan-perlintasan yang lalu lintasnya padat, lanjut dia, pihaknya menyiapkan tenaga bantuan untuk mengatur lalu lintas yang melintasi perlintasan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement