Selasa 15 Jul 2014 16:06 WIB

Sidak Pasar, Mentan Terkejut Temukan Gula Rafinasi

Gula Rafinasi (ilustrasi)
Foto: Corbis
Gula Rafinasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR— Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (15/7). Dalam kunjungannya Mentan men gaku terkejut karena melihat adanya gula rafinasi yang diperjualbelikan secara bebas di pasaran.

‘’Gula rafinasi untuk kepentingan industri makanan, tidak untuk dijual ke pasar,’’ ujar Suswono kepada wartawan, Selasa (15/7).

Temuan ini nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk ditindaklanjuti. Menurut Suswono, keberadaan gula rafinasi di pasaran akan merugikan petani tebu. Terutama, menekan perkembangan harga gula di tingkat petani.

Sehingga ke depan, kata Suswono, distribusi gula rafinasi agar lebih diperketat. Langkah ini merupakan upaya pemerintah agar petani tidak mengalami kerugian. Lebih lanjut Suswono mengungkapkan, Kemendag juga telah mengeluarkan kebijakan tidak ada tambahan impor gula rafinasi. Padahal Bulog baru merealisasikan sebanyak 22 ribu ton gula rafinasi dan tidak akan melakukan penambahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement