Jumat 04 Jul 2014 07:50 WIB

BPOM Uji Puluhan Jajanan Berbuka Puasa

Jajanan Ramadhan
Foto: Antara
Jajanan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Balai Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Jambi menggelar operasi jajanan dan makanan berbuka puasa yang dijual di beberapa sudut Kota Jambi.

Petugas BPOM Provinsi Jambi, Sarino saat ditanya di lokasi Pasar Beduk Jelutung, Kota Jambi, Kamis (3/7), mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin intansinya untuk melakukan pengawasan dan memantau jajanan makanan berbuka puasa yang dijual pedagang.

Hal ini dilakukan BPOM Jambi untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen atau warga yang berbelanja makanan dan jajanan berbuka puasa yang bebas bahan pengawet dan pewarna.

Ada 40 sampel atau contoh jajanan dan makanan yang diambil pihak BPOM Jambi dengan sistem dibeli atau dibayar oleh pihak BPOM sesuai harga yang dijual pedagang.

Puluhan contoh makanan dan jajanan berupa kue dan minuman untuk berbuka puasa itu diuji langsung sampelnya di tempat dengan menggunakan mobil laboratorium mini yang dibawa petugas ke lokasi jualan pedagang.

Seorang pedagang yang berjualan di lokasi Pasar Beduk Jelutung mengaku selama ini mereka tidak pernah diberikan penjelasan atau pembinaan atas larangan memakai bahan pengawet oleh BPOM Jambi.

"Kami selama berdagang tidak pernah menggunakan bahan pengawet dan dengan adanya razia uji makanan tersebut keuntungan bagi kami karena warga percaya bahwa makanan yang dijual adalah makanan sehat," kata pedagang tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement