Senin 30 Jun 2014 16:56 WIB

Bus Angkutan Lebaran Bakauheni-Rajabasa Jalani Cek Laik Jalan

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Asep K Nur Zaman
 Uji kelaikan armada bus (Republika/Agung Supriyanto)
Uji kelaikan armada bus (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Menghadapai arus mudik lebaran mendatang, sejumlah armada bus penumpang rute Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan)-Terminal Rajabasa (Bandar Lampung), akan menjalani cek kelaikan jalan. Langkah ini demi kenyamanan penumpang dan menghindari kemacetan di jalan lintas Sumatra.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Selatan, Syukur Kresana, mengatakan dalam waktu dekat aparatnya mengecek kir kendaraan armada bus penumpang dan kondisi fisik kendaraan laik jalan atau tidak. "Pengecekan ini untuk meminimalisasi masalah angkutan lebaran," katanya, Senin (30/6).

Menurut dia, pengecekan ini untuk mengetahui kondisi armada bus angkutan lebaran yang sebelumnya banyak bermasalah. Bagi bus bermasalah, dia meminta pemilik atau pengusaha bus penumpang masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan, sebelum arus mudik H-7.

Bila sampai batas waktu tersebut pengusaha belum juga mematuhi atau melakukan perbaikan kendarannya, maka kendaraan bus tersebut dilarang beroperasi saat mudik dan balik lebaran.

Pelarangan bus penumpang beroperasi saat arus mudik lebaran ini, kewenangan dari Dinas Perhubungan Lampung. Petugas juga akan memberika stiker armada angkutan lebaran yang laik jalan, agar pemudik dapat mengetahui bus yang benar-benar dapat digunakan untuk mudik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement