Sabtu 21 Jun 2014 09:30 WIB

Hari Ini, 1000 Anak di Tambora akan Dengarkan Dongeng

Rep: c85/ Red: Nidia Zuraya
Kegiatan mendongeng untuk anak-anak
Foto: Republika
Kegiatan mendongeng untuk anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, TAMBORA - Sebagai wujud keprihatinan atas maraknya kasus kekerasan yang terjadi pada anak- anak, Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Global Child Care bekerja sama dengan KPAI, Dokter Sahabatku, dan Kak Seto Mulyadi mengadakan sebuah program bertajuk 'Aku Mandiri: Anak Mampu Jaga Diri'.

Program Aku Mandiri ini akan disampaikan dalam rangkaian roadshow mendongeng secara massal di hadapan 1000 anak di Tambora, Jakarta Barat. Selain di Jakarta acara mendongeng ini juga akan diadakan serentak di seluruh kota besar di Indonesia.

Desmalia selaku humas ACT menjelaskan bahwa Tambora dipilih karena daerah ini merupakan pemukiman terpadat se-Asia Tenggara. "Di sana banyak terjadi kekerasan seksual, bahkan yang dilakukan sesama anak. Melalui acara ini, kami ingin transfer nilai kepada anak-anak tentang arti penting menjaga diri sendiri," ujarnya saat dihubungi ROL, Sabtu (21/6).

Desmalia juga menambahkan bahwa penting bagi anak-anak untuk tahu sejauh mana wilayah privasi mereka dan nilai moral yang harus dijunjung. "Penyampaiannya lewat dongeng, jadi menyenangkan. Akan ada Kang Didin, pendekar dongeng," ujarnya.

Acara ini akan berangsung Sabtu (21/6) di Lapangan Sepakbola Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat mulai pukul 15.00 WIB. "Siapapun boleh datang," kata Desmalia. ACT dan KPAI berharap melalui acara ini, anak-anak akan lebih mampu dan siap untuk melindungi diri mereka dari ancaman kekerasan di lingkungannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement