Kamis 19 Jun 2014 16:44 WIB

TKI Ilegal Lolos Lewat Jalur Tikus

Rep: Ari Lukihardiyanti/ Red: Muhammad Hafil
Muhaimin Iskandar
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Semua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri diminta untuk menyiapkan dengan baik semua persyaratan. Jadi, bisa menggunakan sarana yang memadai. 

Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, TKI ilegal ada karena mereka bekerja ke luar negeri tak menggunakan sarana yang seharusnya. Banyak sekali TKI, bekerja ke Malaysia menggunakan jalur gelap.

''Bisa lolos karena, daerah perbatasan  langsung. Jadi, mereka melalui jalur tikus yang kadang mengambil risiko,'' ujar Muhaimin saat menyaksikan penandatanganan MoU bidang ketransmigrasian di Bandung Kamis (19/6).  

Terkait lima dari 97 pekerja asal Indonesia yang ditemukan tewas saat evakuasi oleh tim penyelamat tenggelamnya kapal tongkang di perairan Pulau Cary, Air Hitam, Selangor, Malaysia, Muhaimin memastikan pemerintah akan membantu korban. 

''Ya, pasti korban kita bantu semaksimal mungkin,'' katanya.  

TKI asal Indonesia tersebut, dievakuasi setelah kapal tongkang yang mereka tumpangi dikabarkan tenggelam pada Rabu dinihari, 18 Juni 2014. Para korban kini berada di ruang jenazah Rumah Sakit Klang, Selangor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement