Kamis 19 Jun 2014 08:30 WIB

Sumsel Siapkan 30 Ribu Ton Ikan Jelang Ramadhan

Ikan Gabus
Ikan Gabus

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan 30 ribu ton ikan gabus untuk dijual dipasar tradisional Palembang menjelang puasa Ramadhan 1435 H.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana kepada wartawan di Palembang, Kamis, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan setempat.

"Sekarang telah disiapkan ikan, termasuk gabus. Memang, ikan tersebut untuk antisipasi atau makanan pengganti daging, karena harga daging lebih mahal hingga tembus Rp110 ribu," katanya.

Padahal, harga ikan paling tinggi separuh dari harga tersebut. Selain itu, gizinya juga cukup tinggi sehingga pihaknya memperbanyak penjualan ikan, terutama gabus.

Apalagi, ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehingga pihaknya berkoordinasi dengan dinas perikanan dalam penyiapan ikan tersebut.

"Memang, Sumsel menjadi salah satu provinsi penghasil ikan cukup banyak sehingga produksi tersebut harus dipasarkan terutama kepada masyarakat setempat," katanya.

Yang jelas, ikan gabus tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat saat puasa dan Idul Fitri mendatang.

Ketika ditanya mengenai kebutuhan pokok menjelang puasa, dia mengatakan, semua kebutuhan pokok seperti beras, gula dan telur cukup. Bahkan, pihaknya akan melaksanakan operasi pasar untuk menekan harga yang umumnya mengalami kenaikan menjelang puasa dan lebaran. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement