Jumat 22 Nov 2019 11:32 WIB

Pemkab Agam Dorong Budi Daya Ikan Gabus di Kolam Terpal

Ikan gabus mulai dikembangkan Kelompok Budi Daya Ikan.

Ikan gabus (ilustrasi)
Ikan gabus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKBASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat mendorong budidaya ikan gabus (channa striata) di kolam terpal. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto di Lubukbasung, Jumat (22/11) mengatakan ikan gabus mulai dikembangkan Kelompok Budidaya Ikan Famili Tapian Kadih, Kecamatan Palembayan dengan jumlah 10 petak. "Pengembangan ini berkat kerja sama dengan Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan Medan, Sumatera Utara," katanya didampingi Kasi Pembenihan dan Sarana Prasarana DPKP Agam, Doni Afdison.

Pengembangan budidaya ikan gabus itu baru dilakukan selama enam bulan. Untuk tahap awal, BP3 Medan membantu induk ikan dan kini sedang proses pembenihan.

Benih ikan gabus itu diutamakan untuk 12 anggota dan kalau sudah besar akan dipasarkan di pasar tradisional. "Untuk tahap uji coba perkembangan cukup bagus dan bibit sudah besar," katanya.

Rencananya, tambahnya, budidaya ikan gabus akan dikembangkan di Kecamatan Tanjungmutiara, Lubukbasung dan daerah lainnya. Karena daerah tersebut sangat cocok untuk budidaya ikan gabus. "Seluruh kecamatan di Agam sangat cocok untuk pengembangan ikan gabus," katanya.

Ia menambahkan pengembangan ikan gabus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, karena budidaya ikan bisa dilakukan di halaman rumah menggunakan terpal. Selain itu permintaan ikan gabus cukup banyak dengan harga Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram, sementara budidaya ikan gabus masih sedikit di Sumbar.

Ikan gabus kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka.

Ikan gabus memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5 persen, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0 persen, ikan mas 16,0 persen, ikan kakap 20,0 persen dan ikan sarden sebesar 21,1 persen.

Sedangkan manfaat ikan gabus untuk pembentukan dan pertumbuhan otot, mempercepat penyembuhan luka, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan lainnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement