Selasa 17 Jun 2014 18:58 WIB

Jadi Tersangka Romi Herton Absen pada HUT Palembang

Rep: maspril aries/ Red: Muhammad Hafil
Wali Kota Palembang Romi Herton usai diperiksa di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan, Selasa (4/2).
Foto: Antara
Wali Kota Palembang Romi Herton usai diperiksa di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan, Selasa (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Satu hari setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Walikota Palembang Romi Herton langsung tidak hadir pada acara peringatan hariulang tahun (HUT) Kota Palembang,  Selasa (17/9).Romi Herton absen absen pada acara peringatan hari jadi ke-1331 Kota Palembang yang dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin pada sidang paripurna istimewa DPRD Kota Palembang.

Acara tersebut hanya dihadiri Wakil Walikota Harnojoyo.Sebelumnya pada Senin, (16/6) Romi Herton yang diagendakan hadir pada beberapa kegiatan dalam rangka HUT Palembang, seperti zikir bersama di Masjid Agung Palembang dan Pembukaan Festival Sriwidjaja, juga tidak hadir.

Pada acara HUT Kota Palembang, Ketua DPRD Palembang Ahmad Nopan sebelum membuka sidang sidang paripurna istimewa terlebih dahulu membacakan surat izin dari Romi Herton kepada DPRD setempat yang tidak bisa hadir kurang sehat badan. Ketidakhadiran Romi Herton di DPRD Palembang sempat menebar rumor kalau orang nomor satu di Kota Palembang tersebut telah dibawa tim KPK pada Senin malam (16/6).

Rumor tersebut dibantah Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Palembang Ratu Dewa. “Itu tidak benar. Pak Wali (Romi) ada dikediamannya,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Palembang, Harnojoyo, tidak mau berkomentar atas status Romi Herton yang telah ditetapkan sebagai tersangka karena tersangkut kasus suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Harnojoyo hanya diam walau wartawan berulang kali mengajukan pertanyaan kepadanya usai sidang paripurna.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin usai sidang paripurna DPRD Kota Palembang menyatakan bahwa  roda pemerintahan di Pemerintah Kota Palembang akan tetap berjalan baik. “Saya akan langsung melakukan pemantauan secara langsung,” ujarnya.

Menurut Alex Noerdin, bila walikota berhalangan maka masih ada wakil walikota dan sekretaris daerah yang akan menjalankan pemerintahan. “Roda pemerintahan akan berjalan baik. Kan ada wakil walikota kalau walikota berhalangan. Kalau  sistem pemerintahannya baik pasti akan berjalan baik,” ujarnya.Di rumah pribadi Romi Herton di kawasan sampai Selasa siang (17/6)  terlihat lengang.

Ada beberapa anggota satuan polisi Pamong Praja yang berjaga di sana.Dari keterangan Kabag Humas Ratu Dewa, Romi Herton dan istrinya Masyitoh berangkat ke Jakarta pada pukul 13.25 Kepergian Romi ke Jakarta untuk berobat secara rutin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement