Senin 16 Jun 2014 22:05 WIB

Situ Rancabali Jadi Obyek Wisata Baru Sukabumi

Rep: Riga Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra
Rancabali
Foto: www.pn8.co.id
Rancabali

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah obyek wisata alam yang cukup indah. Salah satunya Situ Rancabali yang berada Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung.

Obyek wisata Situ Rancabali diresmikan penggunaannya oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Adjo Sardjono pada Sabtu (14/6) lalu. Lokasi obyek wisata tersebut berada di perlintasan wilayah menuju daerah selatan Sukabumi.

‘’Obyek wisata Rancabali ini potensial karena memiliki kekhasan,’’ ujar Adjo. Selain itu didukung pula dengan sarana infrasruktur yang baik untuk menuju obyek wisata.

Adjo mengatakan, pengembangan wisata ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat di lingkungan sekitar obyek wisata. Selain itu ia berharap manajemen pengelolaan yang benar sehingga objek wisata tersebut bisa berkembang dengan baik.

Pemkab lanjut Adjo menyambut positif diresmikannya penggunaan Situ Rancabali. Pembukaan kawasan wisata ini dapat memberikan nilai positif bagi warga sekitar khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Targetnya lanjut Adjo, tingkat perekonomian dan pendapatan penduduk setempat dapat meningkat dibandingkan sebelumnya. Di sisi lain pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata juga meningkat.

Camat Nyalindung Anas Anjasmara menambahkan, sejak lama Sukabumi terkenal dengan potensi wisata Gurilaps yakni gunung, rimba, laut, pantai, dan sungai. ‘’ Khusus di Nyalindung terdapat potensi wisata Situ Rancabali dan Gua siluman,’’ ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement