Senin 16 Jun 2014 17:00 WIB

PNS Sleman Diminta Kerja Lebih Profesional

Rep: Nur Aini/ Red: Julkifli Marbun
Peminat lowongan CPNS (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Peminat lowongan CPNS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sleman yang pangkat kepegawaiannya naik diminta untuk bekerja lebih profesional. Kenaikan pangkat dinilai memiliki konsekuensi semakin bertambahnya tanggungjawab dan tuntutan untuk pelayanan masyarakat.

"Dengan SK (Surat Keputusan) kenaikan pangkat, PNS diharapkan lebih profesional dalam menjalankan tugas sesuai profesi masing-masing," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sleman, Iswoyo Hadiwarno seusai penyerahan SK kenaikan pangkat PNS Sleman di kantor BKD, Senin (16/6).

Sebanyak 78 PNS di Kabupaten Sleman menerima kenaikan pangkat golongan IV A keatas. Dari jumlah tersebut, 32 orang merupakan guru. Berdasarkan golongannya, PNS untuk golongan IV/A sebanyak 71 orang, golongan IV/B ada 6 orang dan golongan IV/C ada 1 orang.

Kenaikan pangkat tersebut, lanjut Iswoyo, membuat PNS yang bersangkutan memiliki tugas tambahan untuk mengawasi anak buah. Berdasarkan evaluasi, kedisiplinan PNS Sleman dinilai meningkat setelah pemberlakuan peraturan pemerintah no 53/2010.

"Pengawasan PNS dilakukan masing-masing SKPD, ada pengawasan berjenjang," terangnya.

Pengawasan berjenjang dinilai juga menurunkan pelanggaran yang dilakukan PNS. Iswoyo mengklaim jumlah pelanggaran PNS menurun dibandingkan tahun lalu. "Sekarang, kalau atasan tidak membuat laporan tentang kedisiplinan pegawai, atasan juga kena sanksi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengungkapkan pegawai yang pangkatnya tinggi dituntut untuk memberi pelayanan masyarakat dengan profesional. "Semakin tinggi pangkatnya, maka tanggungjawab juga semakin besar, " ujarnya. Pegawai yang naik pangkat diminta untuk memberi contoh yang baik bagi anak buahnya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Bagi PNS yang bekerja di dunia pendidikan, Bupati meminta mereka dapat menjembatani idealisme orangtua dengan pertumbuhan anak. Tuntutan orang tua pada sekolah dinilai semakin berat sehingga menambah tanggung jawab guru. Terkait dengan instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka dalam memberikan PNS diminta memberi pelayanan yang lebih cepat dan tepat agar kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah lebih meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement