Senin 16 Jun 2014 09:58 WIB

Ramadhan Politik Ala Komunitas Remaja Masjid Cut Meutia

Rep: c92/ Red: Bilal Ramadhan
Di Masjid Cut Meutia
Foto: KHI
Di Masjid Cut Meutia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Dalam Gema Ramadhan 1435 H, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) menyiapkan sejumlah acara bertajuk  Ramadhan Politik (Pelihara Otak Lisan Hati Kita). Enam kegiatan telah dipersiapkan sarat dengan misi sosial kemanusiaan.

Bekerjasama dengan remaja masjid se-Jabodetabek, RICMA mengadakan acara berjudul “1,7 Kilometer Karpet Sajadah”. Acara ini diselenggarakan dari tanggal 15 Mei-5 Juli 2014. Kegiatan yang dilangsungkan antara pemberian bantuan fasilitas karpet dan sajadah untuk masjid dan mushola di daerah terpencil.

Selanjutnya, tanggal 30 Juni 2014, RICMA juga mengadakan acara rutin tahunan berupa Ta’jil on the Road di Bundaran HI, Jakarta. Acara ini bertujuan membantu para pengguna jalan-jalan utama di Jakarta untuk berbuka. Selain melibatkan pengurus RICMA, acara Ta’jil on the Road juga melibatkan anak-anak yatim.

RICMA juga mengadakan serangkaian bazar dan pameran bagi masyarakat Jakarta, terutama Menteng dan sekitarnya. Dua acara yang dipersiapkan yaitu RICMA Fair dan RICMA Moslem Market. Dalam RICMA Fair, masyarakat dapat membeli sembako serta kebutuhan primer dan sekunder menjelang Idul Fitri dengan harga murah. Acara ini diselenggarakan tanggal 11 Juli 2014 di Plaza Masjid Cut Meutia.

RICMA Moslem Market merupakan acara pameran brand muslim dan makanan halal yang diselenggarakan RICMA. Dalam acara ini ada hiburan, talk show, coaching clinic cara berhijab, fashion show dan band. RICMA Moslem Market bertujuan meningkatkan kesadaran sosial dan semangat berkreasi di kalangan remaja muslim. Melalui acara ini, RICMA juga berharap dapat menjadi pionir Islam yang aktif dan kreatif. Kegiatan ini diadakan tanggal 18-20 Juli 2014 di Mall Jakarta.

Acara rutin tahunan lain yang diselenggarakan RICMA yaitu peringatan Nuzulul Qur’an pada tanggal 12 Juli 2014. Dalam acara ini akan ada kegiatan tadarus bersama, siraman rohani dan muhasabah. Kegiatan ini akan dilakukan di Masjid Cut Meutia.

Dari tanggal 11-13 Juli 2014 juga diadakan acara kaderisasi internal RICMA yang bertajuk RICMA Camp. Acara ini diselenggarakan di dua tempat, yaitu Multifunctionhall Masjid Cut Meutia dan Hotel Sofyan Betawi. Dalam acara ini para kader dapat memperdalam ilmu tentang Islam dan cabang ilmu di bawahnya dari berbagai perspektif.

Menurut Koko, Ketua Harian Yayasan Masjid Cut Meutia, selain acara yang diselenggarakan RICMA, pihak yayasan juga mempersiapkan acara rutih seperti tarawih, I’tikaf di 10 hari terakhir, penyediaan takjil, dan perbaikan fisik masjid. Kegiatan tarawih di Masjid Cut Meutia terdiri dari 11 rakaat, akan dibuka oleh Imam K.H. Mahfudz.

Perbaikan fisik yang dilakukan berupa penambahan bidang lantai yang menghubungkan tempat wudhu dengan pintu masuk masjid. “Sekarang para jamaah bisa langsung berjalan dari tempat wudhu ke dalam masjid.” kata Koko ketika ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Salah satu kegiatan besar lain yang akan diselenggarakan oleh RICMA dan Yayasan Masjid Cut Meutia yang bertajuk Ramadhan Jazz Festival. Acara ini dihadiri dan dimeriahkan tidak hanya oleh umat muslim saja, namun juga umat beragama lain. Tahun sebelumnya, acara ini dimeriahkan oleh beberapa artis seperti Tompi, Idang Rasyidi, Dwiki Darmawan, Andien, dan Tulus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement