Ahad 15 Jun 2014 15:19 WIB

Lebaran 2014, Penumpang Bus ke Yogya Diprediksi Turun

Rep: Yulianingsih / Red: Esthi Maharani
Mudik (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Mudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemkot Yogyakarta terus melakukan pembenahan di Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2014 ini.

Kepala UPT Terminal Giwangan Yogyakarta, Bekti Zunanta mengatakan, jumlah penumpang pada arus lebaran 2013 lalu, rata-rata perhari untuk kedatangan mencapai 31.271 penumpang dan keberangkatan 30.253 penumpang. Sedangkan bus AKAP maupun AKDP yang datang sebanyak 1.468 bus perhari dan berangkat 1.410 bus per hari.

"Untuk tahun ini kita perkirakan jumlah penumpang menurun signifikan sampai 5 persen," ujarnya, Ahad (15/6).

Menurutnya, penurunan jumlah  penumpang tersebut lantaran semakin tingginya cakupan perjalanan menggunakan pesawat terbang maupun kereta api.

Selain itu, jumlah armada bus untuk arus kedatangan maupun keberangkatan juga diprediksi ikut menurun. Baik bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Prediksi itu sudah kami tentukan sebagai dasar perencanaan persiapan Terminal Giwangan menghadapi arus lebaran tahun ini," katanya.

Diakuinya orang  memilih bus itu setelah pilihan terakhir. Apalagi sekarang ada kereta api tambahan maupun penerbangan tambahan. Ini kata dia, jelas berpengaruh pada perjalanan bus. Kepemilikan mobil pribadi juga semakin meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement