Sabtu 14 Jun 2014 02:37 WIB

Lantai Satu Pasar Prambanan Mulai Dibangun

Rep: Nur Aini/ Red: Esthi Maharani
pasar tradisional
Foto: Republika/Prayogi
pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Kabupaten Sleman mulai mengerjakan pembangunan lantai satu Pasar Prambanan. Pembangunan Pasar Prambanan ditarget selesai dalam dua tahun mendatang.

Kasie Bangunan Gedung DPUP Sleman, Nuryanto mengaku lelang konstruksi bangunan baru lantai satu dalam tahap persiapan. "Penyelesaian struktur lantai satu Pasar Prambanan akan selesai Desember 2014," ujarnya, Jumat (13/6).

Pembangunan Pasar Prambanan memasuki tahap kedua tahun ini. Pembangunan mencakup lantai 1 blok B dan C. Lantaran pasar dibangun, 2.108 pedagang direlokasi ke pasar sementara di Dusun Pelemsari, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan.

Pasar Prambanan dibangun dengan luas 20 ribu meterpersegi. Total anggaran untuk pembangunan pasar mencapai Rp77 miliar. Pembangunan Pasar Prambanan tahun ini menelan dana Rp7 miliar.

Pembangunan sisi selatan Pasar Prambanan telah diselesaikan pada 2013. Anggaran pembangunan tahap pertama mencapai Rp25 miliar. Pembangunan tahap ketiga pada 2015-2016 dianggarkan hingga RP45 miliar.

Pembangunan lantai satu akan dilakukan setelah pembongkaran bangunan lama selesai. "Pembongkaran bangunan lama masih dilelang DPKAD," ujar Nuryanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), Rini Mutri Lestari mengaku pelelangan pembongkaran bangunan lama telah selesai dilakukan. "Sekarang sudah mulai dibongkar," ujarnya.

Ketua Paguyuban Pasar Prambanan, Zainudin mengungkapkan pedagang sudah mulai berkegiatan di pasar sementara. Pedagang akan menempati pasar sementara hingga tiga tahun mendatang. "Kami berharap pembangunan bisa cepat sehingga tidak di sini lama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement