Sabtu 14 Jun 2014 05:00 WIB

Ruas Jalan Solok Selatan Ditutup Hari Ini

Tour de Singkarak (ilustrasi)
Foto: Antara
Tour de Singkarak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO -- Ruas jalan di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, akan ditutup untuk umum saat dilaksanakannya etape VIII Tour de Singkarak (TdS) 2014 pada Sabtu (14/5).

"Jalur dari Padang Aro kita tutup dari pukul 10.00 WIB sedangkan dari Ulu Suliti ditutup pukul 11.00 WIB," kata Kapolres Solok Selatan AKBP Nanang Putu Wardianto melalui Kasat Lantas IPTU Adhi Jais, di Padang Aro, Sumbar, Jumat.

Dia mengatakan, untuk mengamankan jalur TdS di Solok Selatan polisi menurunkan 223 personel yang disebar di seluruh daerah.

"Pada pukul 07.00 WIB, 223 petugas tersebut disebar ke pos yang sudah ditetapkan untuk mengamankan jalur TdS di daerah itu," katanya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepolisian di sepanjang jalur TdS ke kabupaten itu, ada lebih dari 100 persimpangan yang harus diamankan selama pelaksanaan TdS.

"Yang banyak hanya simpang kecil menuju kampung atau pemukiman warga dan tidak ada yang besar, sehingga tidak membutuhkan tenaga pengamanan yang banyak," katanya.

Dia mengatakan, TdS stage 8 tersebut hanya melewati 58 kilometer daerah Solok Selatan.

"Daerah Solok Selatan yang dilalui yaitu mulai dari Ulu Suliti hingga Padang Aro dengan jarak sejauh 58 kilometer tetapi banyak terdapat persimpangan jalan kampung," katanya.

Dia menyebutkan, setiap persimpangan tersebut polisi menempatkan satu orang personel dan dibantu oleh Pol PP, petugas Dinas Perhubungan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten itu.

"Dalam pelaksanaan TdS tahun ini bagi polisi yang penting aman, oleh karena itu setiap persimpangan dijaga," katanya.

Dia menambahkan, jalan di Solok Selatan akan kembali dibuka setengah jam setelah rombongan terakhir sampai ke garis finish.

"Setengah jam setelah rombongan terakhir sampai jalan kembali kita buka untuk umum," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Akhiarli mengatakan, TdS etape 8 dimulai dari Sawahlunto sekitar pukul 10.00WIB.

"Sedangkan untuk sampai ke Solok Selatan kita perkirakan sekitar pukul 14.00-14.25 WIB," tambahnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement