Rabu 11 Jun 2014 18:57 WIB

Peninggian Jalan di Kudus Dikebut

Peninggian jalan/ilustrasi (Republika/Prayogi)
Peninggian jalan/ilustrasi (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Kegiatan peninggian Jalan Agil Kusumadya Kudus, Jawa Tengah, dikebut untuk mengejar target penyelesaian sebelum Lebaran 2014, agar arus lalu lintas pemudik Lebaran yang melintasi jalur tersebut lebih lancar.

"Awalnya, peninggian dan pembetonan jalan sepanjang 800 meter untuk lajur sebelah kanan itu ditargetkan selesai pada H-30. Namun adanya percepatan diperkirakan sudah bisa selesai dalam empat hari ke depan," kata Kepala Kantor Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Trengguli - Kudus - Pati - Batas Kota Rembang, Suwito, di Kudus, Rabu.

Saat ini, kata dia, pengerjaan sudah mencapai 80-an persen dari rencana rigit beton sepanjang 750 meter, sedangkan 50 meter menggunakan aspal.

Apabila bisa diselesaikan dalam waktu dekat, kata dia, nantinya sudah bisa dilalui kendaraan sehingga arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Kudus lebih lancar.

Selama ini, kata dia, arus kendaraan dari arah Semarang ke Kudus masih menggunakan lajur kiri yang selama ini digunakan untuk kendaraan dari arah Kudus menuju Semarang.

Sementara terkait lajur kiri dari arah Kudus menuju Semarang, kata dia, sesuai rencana juga akan ditinggikan.

Proses persiapannya, kata dia, masih dalam tahap pelelangan.

Bila mengacu pada rencana awal, kata dia, dana yang disiapkan mencapai Rp18 miliar.

Hal serupa, kata dia, juga dilakukan untuk pembenahan jalan di depan Terminal Induk Jati karena saat musim hujan juga terendam banjir sehingga tidak bisa dilalui kendaraan dengan lancar.

Peninggian Jalan Agil Kusumadya dengan ketinggian bervariasi itu, berawal ketika banjir pada awal 2014 mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Semarang dan Surabaya tidak bisa melintas.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemkab Kudus menimbun jalan tersebut menggunakan material lapis pondasi atas (LPA) atau campuran batu belah dari berbagai ukuran pada lajur sebelah kanan.

Akhirnya, Pemerintah Pusat menyetujui peninggian jalan tersebut dilakukan secara permanen dengan rigit beton dengan panjang jalan 800 meter untuk lajur kanan dan kiri yang lebarnya untuk setiap lajur 9 meter.

Saat ini, peninggian jalan baru dilakukan pada lajur sebelah kanan, sedangkan lajur kiri masih menunggu giliran.

Jalan lain yang akan menjadi sasaran untuk ditinggikan, yakni Jalan Lingkar Selatan Kudus, tepatnya di depan Terminal Induk Jati yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 300 meter.

Berdasarkan pengamatan, proyek peninggian jalan dengan rigit beton sudah hampir selesai, karena hanya menyisakan jalan sepanjang sekitar 200 dengan lebar sekitar 3 meteran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement